Preview: New Home Sales AS Bulan Januari 2016

261

Angka yang bagus kemarin mengenai “Existing Home Sales” bulan Januari memberikan bukti lebih banyak bahwa penurunan yang dramatis di dalam transaksi real estate bulan November adalah sebuah penyimpangan. Sesungguhnya penjualan naik lebih tinggi pada bulan yang lalu, menambah kenaikan yang tajam di bulan Desember. Kabar ini memberikan harapan bahwa pemulihan perumahan, walaupun moderat, akan bertahan dibulan-bulan yang akan datang.

“Meskipun terjadi perlambatan ekonomi global, sektor perumahan AS masih terus melanjutkan pemulihan dan kemungkinan akan membantu perekonomian AS terhindar dari resesi,” kata kepala ekonom di National Association of Realtors, group yang mempublikasikan data “Existing Sales”.

Rilis data malam hari ini dari pemerintah AS mengenai “New Home Sales” akan memberikan lebih banyak konteks untuk mengevaluasi outlook. Para ekonom memperkirakan terjadi sedikit penurunan di bulan Januari ke 520.000, turun dari 544.000 pada penutupan tahun yang lalu. Tetapi itu masih merupakan angka kecepatan yang solid – hanya sedikit dibawah ketinggian sebelum resesi setahun yang lalu.

Tetapi “Consumer Confidence” bulan ini jatuh ke terendah dalam tujuh bulan, menurut angka dari Conference Board kemarin. Direktur indikator ekonomi dari CB menjelaskan,”Assessment konsumen mengenai kondisi sekarang ini melemah, terutama disebabkan oleh assessment terhadap kondisi bisnis yang kurang baik. Outlook konsumen dalam jangka pendek bertambah pesimis.”

Apakah akan ada persoalan di dalam perumahan? Mari kita lihat petunjuk yang baru berdasarkan rilis data “New Home Sales” pada malam hari ini.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here