Indeks Shanghai Melemah Menantikan Stimulus Ekonomi Jelang Pertemuan G-20

324
bursa shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Kamis (24/02), Indeks Shanghai bergerak negatif, terpantau turun -105,83 poin atau -3,61 persen pada 2823.06. Pelemahan indeks Shanghai dengan harapan stimulus ekonomi menjelang pertemuan G-20 akhir pekan ini di Tiongkok.

Lihat : Indeks Shanghai Berakhir Naik Terdukung Kinerja Positif Sektor Infrastruktur

Kekhawatiran atas Tiongkok pekan ini setelah Bank Rakyat China menetapkan yuan tingkat mid point terutama lebih rendah pada 6,5273 terhadap dolar pada Selasa, turun 0,17 persen dari kurs tetap Senin. Hari ini titik tengah yang ditetapkan sebesar 6,5318.

Para pemimpin global dan investor sedang menunggu perkembangan penting bagaimana Tiongkok akan mengelola rencana lima tahun ke 13 saat mengatasi risiko ekonomi domestiknya yang memburuk. Tiongkok menjadi tuan rumah pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral kelompok negara G-20 akhir pekan ini, 26-27 Februari di Shanghai.

Ini saatnya Tiongkok dapat melepaskan sinyal segar untuk pasar dengan menjanjikan stabilitas ekonomi dan menjelaskan apa yang akan dilakukan selama lima tahun ke depan.

Pelemahan indeks Shamghai dipimpin oleh sektor teknologi dan perusahaan industri.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas mengharapkan adanya stimulus lainnya yang memberikan penguatan ekonomi. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2741-2630 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2936-3047.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here