Bursa Shanghai Berakhir Menguat Terdorong Pernyataan Optimis Gubernur PBOC

392
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (26/02), indeks Shanghai ditutup naik  25,96 poin, atau 0,95 persen, pada 2767.21. Penguatan indeks Shanghai dengan pernyataan Gubernur Bank Sentral Tiongkok yang menyatakan kesehatan ekonomi Tiongkok.

Lihat :Indeks Shanghai Melemah Menantikan Stimulus Ekonomi Jelang Pertemuan G-20

Zhou Xiaochuan, Gubernur Bank Rakyat Tiongkok, mengatakan lagi bahwa ia tidak melihat alasan untuk mata uang Cina jatuh terus-menerus dan menekankan bahwa pemerintah memiliki alat untuk membatasi risiko perlambatan pertumbuhan ekonomi bangsa.

“Tiongkok masih memiliki beberapa ruang kebijakan moneter dan beberapa instrumen kebijakan untuk mengatasi risiko penurunan,” kata Zhou dalam sebuah konferensi di Shanghai, Jumat (26/02), berbicara sebelum bertemu rekan-rekannya dari Kelompok 20 pasar negara maju dan negara berkembang.

Lihat : Gubernur Bank Rakyat Tiongkok : Fundamental Ekonomi Tiongkok Sehat

Zhou berusaha untuk meyakinkan investor bahwa fundamental perekonomian Tiongkok tetap sehat. Dia mengatakan bahwa bank sentral memiliki ruang untuk menggunakan kebijakan moneter untuk melindungi ekonomi, menunjukkan kemungkinan penurunan suku bunga untuk mendatang. Dia mengatakan pemerintah akan menjalankan defisit anggaran yang lebih luas pada tahun 2016, menyoroti rencana untuk mengurangi kelebihan kapasitas dalam perekonomian dan menggambarkan nilai tukar untuk mata uang, yang dikenal sebagai yuan atau renminbi, sebagai “luas dan stabil.”

Hari ini akan dimulai pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara Kelompk G-20. Para pemimpin global dan investor sedang menunggu perkembangan penting bagaimana Tiongkok akan menyampaikan rencana lima tahun ke depan untuk mengatasi risiko ekonomi domestiknya yang memburuk.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas dengan dihasilkannya rencana ekonomi lima tahun ke depan dan hasil positif lainnya dalam pertemuan negara G-20 di Shanghai. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2630-2481 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2871-2964.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here