Harga Emas Menguat Dengan Aksi Beli Investor

1162

Harga emas spot naik pada hari Kamis, dengan aksi beli investor yang didukung oleh formasi teknis yang kuat dan potensi untuk membentuk bullish “golden cross”, sedangkan pasar berjangka dikupas kerugian setelah merasakan tekanan awal dari pasar saham yang kuat.

Harga emas spot naik 0,33 persen pada $ 1,232.96 per ons, menuju hari ketiga berturut-turut dari kenaikan tetapi tetap di bawah tertinggi satu tahun $ 1,260.60 yang dicapai pada 11 Februari

Harga emas berjangka AS kontrak April turun 30 sen pada $ 1,238.80 per ons. 

Lihat : Harga Emas Naik, Daya Tarik Safe Haven Menguat

Emas spot bisa memperoleh lebih banyak karena pada titik puncak dari tingkat teknis kunci yang dikenal sebagai “golden cross,” ketika 50-day moving average melampaui 200-day moving average, kata para analis. Kesenjangan itu kurang dari 50 sen pada hari Kamis.

Jika golden cross terjadi, itu akan menjadi pembentukan seperti pertama dalam hampir dua tahun dan akan menjadi sinyal beli untuk pedagang teknis dan momentum penggerak investor.

Emas telah kembali mengambil perannya sebagai tempat berlindung bagi investor untuk menghindari risiko, naik 16 persen tahun ini karena ekuitas global telah jatuh dan kekhawatiran perlambatan ekonomi meningkat.

Peningkatan kepemilikan dana yang diperdagangkan di bursa emas yang didukung ETF juga telah mendukung reli, dengan arus masuk ke dalam SPDR Gold Trust naik ke level tertinggi sejak Maret 2015 pada hari Rabu.

Di antara logam mulia lainnya, harga perak berjangka turun 1,06 persen menjadi $ 15,14 per ons, harga platinum merosot 1,3 persen menjadi $ 928 dan paladium turun 0,3 persen menjadi $ 483,65.

Malam nanti akan dirilis data indikator ekonomi GDP Growth Rate QoQ 2 Est Q4 yang diindikasikan menurun dari hasil sebelumnya. Jika hasil ini terealisir maka akan melemahkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi menguat dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok dan potensi pelemahan dollar AS. Harga akan menembus level Support $1,231.00-$1,229.00, dan jika harga naik akan menembus level Resistance $1,235.00-$1,237.00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here