Pertumbuhan Ekonomi AS Lebih Cepat Pada Kuartal Keempat 2015

695

Ekonomi AS secara tak terduga berkembang lebih cepat pada kuartal keempat dari yang diperkirakan, mencerminkan nilai yang lebih tinggi dari persediaan bisnis.

Produk domestik bruto, nilai semua barang dan jasa yang dihasilkan, tumbuh pada tingkat tahunan 1 persen, dibandingkan dengan perkiraan awal 0,7 persen, data Departemen Perdagangan menunjukkan Jumat. Perkiraan median dalam survei Bloomberg yang disebut untuk kenaikan 0,4 persen.

Meskipun ekonomi melambat pada kuartal keempat dari 2 persen di tiga bulan sebelumnya, pertumbuhan diproyeksikan untuk kembali dipercepat tahun ini karena konsumen memasuki manfaat dari penguatan pasar tenaga kerja dan penghematan bensin untuk meningkatkan belanja. Dengan perusahaan kurang meningkat dalam penyesuaian persediaan, salah satu risiko ekonomi adalah kelemahan lebih lanjut di bidang manufaktur dan bisnis investasi.

united-states-gdp-growth-1

Perkiraan ekonom dalam survei Bloomberg berkisar dari tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 0,1 persen menjadi 0,9 persen. Estimasi GDP adalah yang kedua dari tiga untuk kuartal tersebut, dengan rilis lainnya dijadwalkan bulan depan ketika informasi lebih lanjut dapat dimasukkan. Revisi menunjukkan PDB tumbuh 2,4 persen pada tahun 2015.

Perubahan pertumbuhan kuartal keempat sebagian besar mencerminkan bagaimana barang-barang yang tidak terjual dihargai. Dalam peyesuaian inflasi, ada lebih akumulasi persediaan yang sebelumnya diperkirakan dengan data harga yang mendasarinya direvisi naik.

Lihat : Konsumen AS Kurang Optimis Terhadap Ekonomi AS

Persediaan tumbuh pada tingkat $ 81,7 miliar secara tahunan dari Oktober sampai Desember dan mengurangi pertumbuhan sebesar 0,14 persen, dibandingkan dengan yang dilaporkan sebelumnya penurunan 0,45 persen.

Kesenjangan perdagangan juga sedikit menekan pertumbuhan dari sebelumnya diperkirakan. Selisih antara ekspor dan impor memotong 0,25 persentase poin dari pertumbuhan, terutama karena lebih sedikit pengiriman barang dari luar negeri. Hal ini sebelumnya diperkirakan telah dikurangi 0,47 persen.

Diluar persediaan dan perdagangan, dua komponen yang paling mudah menguap dari PDB, yang disebut-penjualan akhir untuk pembeli domestik meningkat pada tingkat 1,4 persen, dibandingkan dengan yang dilaporkan sebelumnya 1,6 persen kecepatan.

Konsumsi rumah tangga, yang menyumbang hampir 70 persen dari perekonomian, tumbuh pada tingkat tahunan 2 persen, lebih lemah dari kecepatan 2,2 persen awalnya diperkirakan.

Laporan itu juga termasuk revisi pendapatan pribadi kuartal ketiga, yang diselenggarakan kurang menggembirakan bagi konsumen. Upah dan gaji naik $ 78,2 miliar dari tiga bulan sebelumnya, direvisi turun dari awalnya dilaporkan $ 103,9 miliar yang diraih. Bertambah naik $ 83,3 miliar pada kuartal keempat.

Investasi tetap non-perumahan menurun pada tingkat tahunan 1,9 persen, sedikit berubah dari estimasi sebelumnya turun 1,8 persen.

Sebuah laporan terpisah pekan ini menunjukkan bahwa perlambatan investasi kemungkinan berkurang. Pesanan untuk peralatan modal, pertanda pengeluaran bisnis pada hal-hal seperti mesin dan komputer, melonjak pada bulan Januari setelah terjun ke terendah lebih dari dua tahun pada akhir 2015, data dari Departemen Perdagangan menunjukkan hari Kamis di Washington. Laporan tersebut dikuatkan baru-baru ini, lebih optimis, angka manufaktur produksi dan pekerjaan yang telah dipertanyakan survei menunjukkan kepercayaan di antara manajer pabrik menurun.

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here