Aktifitas Sektor Manufaktur Tiongkok Turun Tajam

872

Aktifitas di sektor manufaktur Tiongkok turun tajam dari yang diperkirakan pada bulan Februari, survei menunjukkan pada hari Selasa, mendorong harapan Beijing untuk meningkatkan stimulus untuk menghindari perlambatan ekonomi yang lebih dalam.

Indeks resmi manufaktur pembelian manajer (PMI) turun menjadi 49,0 pada Februari dari pembacaan Januari dari 49,4 dan di bawah angka 50 poin yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi. Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan hanya sedikit penurunan menjadi 49,3. Ini adalah angka terendah sejak November 2011.

china-business-confidence (2)

Sedangkan Indeks swasta Caixin Markit China Manufacturing Purchasing Managers (PMI), yang lebih memfokuskan pada perusahaan swasta, ukuran kecil hingga menengah, menunjukkan aktivitas kontraksi untuk bulan ke-12. Jatuh ke 48.0, di bawah ekspektasi pasar 48,3 dan pembacaan Januari dari 48,4.

china-manufacturing-pmi (2)

Lihat : Bank Sentral Tiongkok Memotong 0,5% Rasio Persyaratan Cadangan Bank

Kedua survei terseut menunjukkan kondisi di pasar kerja Tiongkok yang terus memburuk, kontraksi dari kebijakan yang sedang diselesaikan untuk rencana pembangunan lima tahun Beijing berikutnya,  menjelang pertemuan parlemen tahunan yang dimulai pada 5 Maret.

Laporan Caixin menunjukkan aktifitas perusahaan turun jauh dari laju tercepat sejak Januari 2009, ketika Tiongkok dan ekonomi perdagangan pulih dari dekat runtuhnya dalam perdagangan global menyusul krisis keuangan.

Perusahaan yang melaporkan hasil rendah terkait perampingan perusahaan dan pemotongan biaya, dan mengatakan lebih banyak pekerja yang meninggalkan perusahaan secara sukarela dan tidak digantikan. Kerja sub-komponen indeks jatuh ke 46,0 dari bulan Januari 47,0.

Sedangkan Survei PMI resmi, yang cenderung berfokus pada yang lebih besar, perusahaan-perusahaan negara, telah menunjukkan penurunan terus-menerus dalam pekerjaan untuk 3,5 tahun terakhir.

Sektor pabrik Tiongkok telah berada di bawah tekanan dari melemahnya permintaan di dalam dan di luar negeri dan kelebihan kapasitas besar-besaran di industri kunci seperti baja dan batubara, menipiskan dampak dari enam pemotongan suku bunga bank sentral dan serentetan langkah-langkah pendukung lainnya sejak November 2014.

Demikian juga perlambatan pertumbuhan di sektor jasa Tiongkok bulan lalu juga dianggap sebagai memprihatinkan. Indeks non-manufaktur PMI turun dari 53,5 di bulan Januari menjadi 52,7 pada bulan Februari, masih di wilayah ekspansi tetapi pembacaan terlemah sejak akhir 2008.

china-non-manufacturing-pmi (1)

Sektor jasa telah mengambil peningkatan jumlah terhadap penurunan ekonomi manufaktur, tetapi analis bertanya-tanya berapa lama dapat tetap tangguh dalam menghadapi kemerosotan pabrik berkepanjangan dan pengangguran meningkat.

Dengan penurunan di kedua indeks manufaktur, Beijing telah tertarik untuk menumbuhkan sektor jasa dan membuat konsumsi sebagai penggerak kuat dari perekonomian.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here