Bursa Hong Kong Raih Laba Bersih $ 1 Miliar Tahun 2015

376
indeks hang seng

Bursa Hong Kong & Clearing Ltd, operator bursa dengan omset tertinggi di Asia, mengatakan laba setahun penuh naik ke rekor yang lebih tinggi.

Laba bersih melonjak 54 persen menjadi HK $ 7,96 miliar ($ 1 miliar) tahun lalu, naik dari HK $ 5,17 miliar tahun sebelumnya, demikian dinyatakan Bursa Hong Kong dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (02/03). Pendapatan meningkat 36 persen menjadi HK $ 13,38 miliar pada periode tersebut. Analis memperkirakan laba bersih pada HK $ 8 miliar, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Laba bersih dan pendapatan HKEx kuartal keempat sedikit berubah dari periode tahun lalu, masing-masing pada HK $ 1,5 miliar dan HK $ 2,8 miliar, menurut perhitungan Bloomberg menggunakan perhitungan setahun penuh dan sembilan bulan laporan.

Lihat : Total Pengeluaran Pemerintah Hong Kong 2016-2017 Mencapai $ 63 Miliar

Perdagangan saham harian turun menjadi rata-rata HK $ 71,9 miliar pada kuartal keempat dari HK $ 101,5 miliar tiga bulan sebelumnya. Rata-rata jumlah harian kontrak opsi yang diperdagangkan juga jatuh pada kuartal keempat pada 334.000. Jumlah rata-rata kontrak berjangka turun menjadi 308.000 dari 323.000 pada kuartal ketiga.

Bursa, yang berencana untuk memperkenalkan indeks dan mata uang baru berjangka, mengatakan melihat omset harian perdagangan saham rata-rata naik 52 persen menjadi HK $ 105,6 miliar pada tahun 2015. Perdagangan harian rata-rata sekitar HK $ 72,5 miliar tahun ini, 13 persen lebih rendah daripada di periode yang sama tahun sebelumnya, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Perusahaan perlu untuk memperluas hubungan perdagangan dengan Tiongkok untuk menghasilkan pendapatan tambahan, kata beberapa analis industri. Perluasan yang direncanakan dari link-perdagangan saham antara Hong Kong dan Shanghai ke Shenzhen dapat menghasilkan pendapatan tambahan untuk pertukaran.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here