Kekuatan Ekonomi Australia Lancarkan Rally Aussie Dollar 2 Maret

428

Ditengah penguatan dollar AS terhadap rival-rival utama dan minornya pada perdagangan pasar forex sesi Eropa hari Rabu (02/03), kurs aussie masih terus melaju kencang kalahkan dollar sekaligus menepis sentimen turunnya harga minyak mentah.

Lihat: Kondisi Dollar  2 Maret Berhasil Kalahkan Rival Utamanya

Tenaga yang memberi kekuatan penuh bagi aussie untuk memangkas pelemahan perdagangan yang tajam pada akhir pekan lalu yaitu data PDB kuartal terakhir tahun 2015 negara Australia yang rilisnya menunjukkan penurunan data dari periode kuartal sebelumnya untuk secara kuartalan. Namun secara tahunan  data PDB tersebut berada diatas kuartal sebelumnya.

Kantor statistik Australia (ABS) umumkan PDB Australia kuartal terakhir tahun 2015 alami penurunan secara kuartalan dari 1,1% menjadi 0,6%, namun secara tahunan data tersebut menunjukkan peningkatan dari 2,7% (Q3-2015) menjadi 3% (Q4-2015).

Dari sisi pergerakan indeks dollar AS,  sejak awal perdagangan sesi Asia hingga sesi Eropa bergerak positif.  Dan untuk perdagangan sesi malam dollar diperkirakan menerima sentimen negatif dari data ADP employment change yang diperkirakan terjadi penambahan lebih sedikit tenaga kerja di sektor swasta dari periode bulan sebelumnya.

Pergerakan kurs aussie di sesi Eropa (10:00:35 GMT) bergerak lemah  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka kuat    pada   0.7173 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  aussie naik 40 pips  atau 0,4%  dan nilai bergulir  berada pada 0.7213.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair AUDUSD berusaha naik   ke posisi resisten 0.7252-0.7325 namun jika tidak berhasil tembus maka pair dapat  kembali turun ke kisaran  0.7125-0.7076.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here