Preview: Non-Farm Employment ADP AS

263

Menurut laporan ADP , employment sektor jasa AS menambah 205.000 pekerjaan di bulan Januari setelah di Desember sebanyak 267.000. Kuatnya dolar dan permintaan global yang lambat membebani manufaktur dan melemahkan pertumbuhan di tiga bulan pertama tahun 2016. Para ekonom memperkirakan payrolls ADP hanya meningkat sebanyak 185.000.

Update data malam hari ini dari ADP akan memberikan suatu petunjuk yang krusial mengenai tren ekonomi makro AS di bulan Februari. Walaupun belakangan ini pertumbuhan pekerjaan telah melambat, perkembangannya tetap cukup kuat untuk memberikan argument bahwa momentum kedepan masih tetal sehat.

Laporan pada malam hari ini diperkirakan memberikan hasil yang kurang lebih sama. Konsensus Econoday.com memperkirakan perkiraan ADP mengenai payrolls swasta AS untuk bulan Februari naik menjadi 185.000. Itu adalah kenaikan yang sesuai, tetapi jika proyeksi ini terus berlangsung tingkat pertumbuhan pasar tenaga kerja sedang menuju ke kecepatan yang paling lambat dalam empat bulan dan jauh dibawah kenaikan terakhir di bulan Desember sebesar 267.000.

Perhatikan perbandingan tahun ke tahun untuk pengukuran tren yang lebih jelas. Saat ini ada sedikit tanda peringatan melalui penurunan perlahan di dalam kenaikan per tahun. Jika perkiraan pada malam hari ini mengenai kenaikan bulanan sebesar 185.000 benar, trennya menuju pelemahan yang lebih dalam, turun ke bawah batas 2% untuk pertamakalinya dalam dua tahun.

Bila diasumsikan update data pada malam hari ini tidak turun dibawah dari proyeksi Econoday.com, penurunan pertumbuhan tidaklah sesuatu yang fatal pada tahap ini. Namun, kemungkinan perubahan tahunan akan menunjukkan penurunan kembali pada malam hari ini, bisa menjadi peringatan bahwa pemulihan ekonomi AS yang sedang mendekati ulang tahunnya yang keenam, sudah mulai menua.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here