Indeks Shanghai 3 Maret Naik, Harapan Positif Pada Kongres Nasional

308
shanghai index

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Kamis (03/03), Indeks Shanghai dibuka positif, saat ini terpantau naik 6,46 poin atau 0,23 persen pada 2856.14. Penguatan indeks Shanghai dikuatkan oleh penguatan bursa Wall Street dan kenaikan harga komoditas juga harapan stimulus jelang pertemuan Kongres Nasional akhir pekan ini.

Lihat : Stimulus Pemotongan RRR Bank Tiongkok Masih Menguatkan Indeks Shanghai

Pada awal perdagangan pagi ini, indeks Shanghai dikuatkan penguatan bursa Wall Street dan kenaikan harga komoditas.

Bursa Wall Street ditutup naik pada akhir perdagangan Kamis dinihari (03/03), didukung posiitfnya data ekonomi AS. Indeks Dow Jones ditutup naik 0,2 persen, di 16,899.32, dengan kenaikan tertinggi saham ExxonMobil . Indeks S & P 500 naik 0,41 persen, pada 1,986.45, dengan kenaikan sektor energi yang memimpin delapan sektor yang lebih tinggi. Indeks Nasdaq naik 0,29 persen, pada 4,703.42.

Sedangkan dari pasar komoditas, harga minyak mentah WTI kemarin ditutup naik 0,76 persen pada 34,66 dollar per barel dengan penurunan produksi minyak mentah AS. Sedangkan harga emas spot akhir perdagangan kemarin ditutup naik 0,76 persen menjadi 1,241.41 dollar per troy ons mengabaikan positifnya data ekonomi AS.

Indeks Shanghai terus menguat selama dua hari kemarin dengan saham perusahaan bahan baku dan real-estate melonjak terdukung kebijakan pelonggaran pembatasan properti, menepis keputusan oleh lembaga pemeringkat kredit Moody Investors Service yang memangkas outlook rating kredit negara itu menjadi negatif.

Kenaikan indeks Shanghai untuk hari kedua juga terdorong keputusan bank sentral memangkas rasio cadangan-persyaratan pemberi pinjaman untuk membendung perlambatan ekonomi. Pemerintah akan mengumumkan langkah-langkah lebih peningkatan pertumbuhan selama pertemuan legislatif tahunan yang dimulai pada hari Kamis, menurut Jingxi Investment Management Co. The National People’s Congress yang dimulai pada 5 Maret.

Tiongkok harus mencegah pertumbuhan ekonominya jatuh di bawah 6,5 persen tahun ini, para ahli ekonom terkemuka, menyatakan pada Rabu (02/03). Para ahli ekonomi Tiongkok berbicara menjelang pembukaan pertemuan tahunan legislatif negara dan badan penasehat politik minggu ini.

Pada awal perdagangan saham pagi ini, saham-saham yang menguatkan indeks adalah saham Sichuan Hongda yang naik 9,93%,  saham Jiangxi Copper yang naik 3,59%, saham Poly Real Estate yang naik 1,15%, saham Offshore Oil Engineering yang naik 1,14%, saham Alumunium Corporation of China yang naik 1,07%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas menjelang pertemuan Kongres Nasional yang mengharapkan stimulus dan kebijakan yang menguatkan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2741-2630 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2945-3047.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here