Naiknya Harga Rumah di Inggris Termahal Dalam 10 Bulan

559

Harga rumah di Inggris selama ini dikenal dengan harga yang cukup tinggi di dunia baik harga jual maupun harga sewanya, dan untuk bulan Februari lalu Nationwide Building Society (NBS) menyampaikan hasil surveynya terhadap kenaikan harga rumah negeri tersebut alami peningkatan dalam 10 bulan terakhir. NBS merupakan perusahaan swasta pengelola dana masyarakat, mutual fund atau reksadana serta simpan pinjam terbesar di Inggris.

Dari survey perusahaan besar tersebut, indeks harga rumah naik 4,8 persen pada bulan Februari secara tahunan yang melanjutkan kenaikan  4,4 persen pada bulan Januari. Indeks kali ini lebih rendah dari perkiraan para ekonom  untuk terjadi kenaikan  lebih tinggi dari 4,9 persen.

Namun secara bulanan, harga rumah Inggris yang disurvey NBS hanya  tumbuh 0,3 persen pada Februari yang  sama seperti pada bulan Januari.  Laporan sore ini (3/03) juga menunjukkan bahwa pinjaman hipotek rumah meningkat tajam pada bulan Januari ke level tertinggi dua tahun sebesar 75.000 setelah sebelumnya  71.000 pada bulan Desember.

Untuk permintaan akan rumah di negeri tersebut akan bertambah setelah  bulan April menurut perusahaan tersebut dan dengan  meningkatnya kondisi pasar tenaga kerja dan rendahnya  biaya pinjaman akan mensupport permintaan rumah lebih besar lagi.

 

 

H Bara/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here