Preview: Initial Jobless Claims AS

415

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran pada minggu lalu naik menjadi 272.000 dari 262.000 di bulan sebelumnya, tetapi masih tetap di level yang rendah, menunjukkan pasar tenaga kerja yang tetap kuat. Rata-rata bergerak empat minggu turun 1.250 menjadi 272.000.

Manufaktur AS masih lemah, tetapi profil makro dari sudut yang lain sedang menunjukkan tanda-tanda kekuatan. Sebagai contoh adalah angka yang bagus dari “Personal Consumption and Income” pada minggu yang lalu.

Petunjuk yang lain untuk berpikir bahwa tren ekonomi sedang bangkit adalah Laporan Employment ADP untuk bulan Februari, yang menunjukkan kenaikan pertumbuhan pekerjaan yang kuat secara mengejutkan. Perusahaan-perusahaan Amerika Serikat menambah 214.000 ke payrolls pada bulan yang lalu, jauh diatas perkiraan consensus, yang menjadi kenaikan bulanan kedua terkuat sejak bulan Juli yang terakhir.

Kabar baik dari segi pasar tenaga kerja sesungguhnya adalah berita lama dari perspektif “Initial Jobless Claims”. Walaupun indikator terdepan ini sedang tren naik di bulan Desember, di bulan Januari, update terbaru menunjukkan pembalikan yang bullish. Rata-rata bergerak empat minggu untuk minggu sampai dengan 20 Februari turun menjadi 272.000, terendah sejak pertengahan bulan Februari.

Kombinasi data klaim yang kuat dan laporan ADP terbaru mengandung arti bahwa angka-angka pekerjaan yang resmi pada hari Jumat nanti dari Washington akan membawa lebih banyak kabar baik buat ekonomi.

Update pada malam hari ini sedang dalam jalurnya untuk menambah outlook tersebut. Konsensus data dari Econoday.com menunjuk kepada sedikit penurunan sebesar 2000 di dalam klaim-klaim baru menjadi 270.000, yang mendekati kerendahan selama beberapa dekade sebesar 255.000 yang tersentuh pada musim panas yang lalu. Dengan perkataan lain, orang banyak masih memperkirakan pasar tenaga kerja masih mengarah pada pertumbuhan yang sehat.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here