Defisit Perdagangan AS Melebar, Ekspor Anjlok Terendah 5,5 Tahun

442

Defisit perdagangan AS melebar lebih dari yang diharapkan pada bulan Januari karena penguatan dolar dan permintaan global yang lemah memicu ekspor turun ke posisi terendah 5,5 tahun, menunjukkan perdagangan akan terus membebani pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama.

Departemen Perdagangan AS mengatakan pada hari Jumat (04/03) kesenjangan perdagangan naik 2,2 persen menjadi $ 45,7 miliar. Defisit perdagangan bulan Desember direvisi naik ke $ 44,7 miliar dari yang dilaporkan sebelumnya $ 43,4 miliar. Ekspor telah menurun selama empat bulan berturut-turut.

united-states-balance-of-trade

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan defisit perdagangan melebar ke $ 44,0 miliar pada bulan Januari. Ketika disesuaikan dengan inflasi, defisit meningkat menjadi $ 61,97 miliar dari $ 60,09 miliar pada bulan Desember.

Perdagangan mengurangi seperempat persentase poin dari produk domestik bruto pada kuartal keempat, membantu untuk menekan pertumbuhan ke tingkat tahunan yang naik 1,0 persen.

Pada bulan Januari, ekspor barang turun 3,3 persen menjadi $ 116,9 miliar, tingkat terendah sejak November 2010. Ekspor keseluruhan barang dan jasa turun 2,1 persen ke level terendah sejak Juni 2011.

Ada penurunan ekspor makanan, yang terlemah sejak September 2010. Ekspor persediaan dan bahan industri turun ke level terendah sejak Maret 2010. Ekspor Minyak juga jatuh, menyentuh level terendah sejak September 2010.

Ekspor produk non-minyak bumi yang terlemah sejak Februari 2011. Ekspor ke mitra dagang utama Amerika Serikat jatuh secara luas pada bulan Januari.

Impor barang turun 1,6 persen menjadi $ 180,6 miliar, tingkat terendah sejak Februari 2011. Pertumbuhan impor sedang dibatasi oleh upaya berkelanjutan oleh perusahaan untuk mengurangi persediaan barang dagangan yang tidak terjual.

Harga minyak yang lebih rendah meningkatkan energi dalam negeri. Produksi juga membantu untuk mengekang tagihan impor. Ada penurunan impor pasokan industri dan bahan. Impor mobil mencapai rekor tertinggi.

Defisit perdagangan AS-Tiongkok yang sensitif secara politis naik 3,7 persen menjadi $ 28,9 miliar pada bulan Januari.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here