Non Farm Payrolls AS Naik Mantap, Meningkatkan Prospek Kenaikan Suku Bunga

559

Pasar Tenaga Kerja AS melonjak pada bulan Februari, memperlihatkan kekuatan pasar tenaga kerja yang lebih lanjut yang bisa meredakan kekhawatiran ekonomi yang diperkirakan sedang menuju ke resesi dan memungkinkan Federal Reserve secara bertahap menaikkan suku bunga tahun ini.

Nonfarm payrolls meningkat sebesar 242.000 pekerjaan bulan lalu, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan pada hari Jumat (04/03). Tingkat pengangguran diadakan di level terendah delapan tahun pada 4,9 persen menggambarkan lebih banyak orang masuk ke dalam pasar tenaga kerja.

 

united-states-non-farm-payrolls

Ekonomi menambahkan 30.000 pekerjaan lebih pada bulan Desember dan Januari dari yang dilaporkan sebelumnya. Satu-satunya pelemahan dalam laporan itu adalah penurunan tiga persen dalam pendapatan rata-rata per jam.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan pekerjaan meningkat 190.000 bulan lalu dan tingkat pengangguran bertahan stabil.

Laporan kerja ditambahkan ke data seperti pengeluaran konsumen dan bisnis, dalam menyatakan perekonomian telah meraih kembali momentum setelah pertumbuhan melambat ke 1,0 persen tingkat tahunan di kuartal keempat. Perkiraan pertumbuhan untuk kuartal pertama sekitar 2,5 persen.

Kekhawatiran resesi dibangun dari laporan ekonomi yang lemah di Desember dan perlambatan pertumbuhan di Tiongkok yang memicu kekalahan pasar saham global pada awal tahun ini, menyebabkan kondisi pasar keuangan tertekan.

Pasar keuangan telah memperkirakan kenaikan suku bunga pada pertemuan kebijakan 15-16 Maret Fed dan probabilitas untuk meningkatkan kenaikan untuk sisa tahun ini tetap agak kecil.

Pasar pekerjaan yang kuat meningkatkan prospek pertumbuhan, bersama-sama dengan tanda-tanda bahwa inflasi merangkak naik, bisa mendorong bank sentral AS untuk mengangkat biaya pinjaman pada bulan Juni. The Fed menaikkan suku bunga pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Ketua Fed Janet Yellen mengatakan ekonomi perlu menciptakan hanya di bawah 100.000 pekerjaan bulan untuk menjaga pertumbuhan penduduk usia kerja.

Tingkat partisipasi angkatan kerja, atau pangsa usia kerja Amerika yang dipekerjakan atau setidaknya mencari pekerjaan, meningkat dua persepuluh persen poin ke 62,9 persen.

Penurunan pendapatan per jam rata-rata menurunkan keuntungan tahun-ke-tahun pada laba 2,2 persen.

Pada bulan Februari, keuntungan pekerjaan hampir meluas, meskipun manufaktur dan pertambangan kerja jatuh. Sektor jasa menciptakan 245.000 pekerjaan setelah menambahkan 153.000 pekerjaan pada bulan Januari. Pertambangan kehilangan lebih 18.000 pekerjaan setelah merosot 9.000 posisi pada bulan Januari.

Pekerjaan pertambangan telah menurun 171.000 pekerjaan sejak memuncak pada bulan September 2014. Kerugian lebih cenderung setelah penyedia jasa ladang minyak Halliburton Co bulan lalu mengatakan akan memotong lebih jauh 5.000 pekerjaan karena kemerosotan berkepanjangan harga minyak.

Pekerjaan manufaktur kehilangan 16.000 pekerjaan. Pekerjaan pendidikan swasta rebound setelah terjun pada bulan Januari. Pekerjaan konstruksi meningkat 19.000 dan pemerintah menambahkan 12.000 pekerjaan.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here