Preview: Non Farm Payrolls dan Tingkat Pengangguran AS

321

Laporan employment bulanan AS menunjukkan kecepatan penambahan pekerjaan melambat di bulan Januari. Sektor swasta hanya menambah sebanyak 151.000 posisi, tingkat terendah sejak bulan Februari 2008

Non Farm Payrolls diperkirakan meningkat 200.000 di bulan Februari – lebih besar dari bulan Januari. Laporan pekerjaan ADP yang dipublikasikan pada tanggal 2 Maret menunjukkan Non Farm Employment bertambah 214.000 di bulan Februari, lebih daripada yang diperkirakan sebesar 190.000. Tingkat pengangguran diperkirakan tetap tidak berubah di 4.9% dan bahkan jika ada lompatan sedikit lebih tinggi tidak menjadi persoalan sepanjang tingkat partisipasi tenaga kerja meningkat.
Gubernur Fed Janet Yellen menyatakan di bulan Desember bahwa kenaikan payroll bulanan sebesar 100.000 sudah cukup untuk mengabsorbsi pendatang pekerja baru sementara 200.000 akan mengundang orang-orang yang sudah putus asa untuk masuk ke tenaga kerja kembali.

Pertumbuhan upah telah meningkat meskipun kecepatannya tetap moderat saat ini. The Fed mula-mula kuatir tidak bisa mengejar inflasi, tetapi setelah goncangan yang lama dan     keras, inflasi datang terlalu cepat. Kenaikan upah sekarang menunjukkan tingkat inflasi bisa segera mencapai 2.5% – dan jika harga makanan dan minyak mulai stabil, inflasi bisa dengan cepat mencapai level yang bisa memaksa the Fed turun tangan.

 

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here