Harga Karet Tocom Menguat Terdukung Kenaikan Minyak Mentah

2306

Harga karet Tocom pada perdagangan Senin siang (04/03) terpantau naik. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif Agustus 2016 naik terpicu kenaikan harga minyak mentah.

Sementara itu harga minyak mentah sesi Asia menguat. Kenaikan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih mahal. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Lihat : Harga Karet Tocom Naik Signifikan Didukung Yen Lemah Dan Minyak Naik

Harga minyak melontah melonjak pada Senin, memperpanjang rally yang telah mengangkat minyak mentah lebih dari sepertiga dari posisi terendah tahun ini, didukung pengetatan pasokan dan peningkatan prospek global yang memperkuat sentimen untuk pemulihan pasar.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada $ 36,63 per barel, naik 71 sen dan 40 persen di atas posisi terendah yang dicapai pada bulan Februari.

Harga minyak mentah berjangka kontrak bulan depan Brent diperdagangkan pada $ 39,49 per barel pada 0400 GMT, naik 77 sen atau 2 persen dari pemukiman terakhir mereka.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Lanjutkan Rally

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Agustus 2016 hari ini terpantau mengalami kenaikan sebesar 3,9 yen pada posisi 178,20 yen per kilogram, naik dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 174,60 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi menguat dengan potensi rally harga minyak mentah.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level Resistance di posisi 183,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 188,00 yen. Sementara itu jika harga retreat akan menemui Support di posisi 173,00  yen dan 168,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here