Outlook Emas dan Perak Minggu Ini

342

Emas dan perak memulai pergerakannya di bulan Maret dengan suatu kejutan: rally emas dan perak tetap berlangsung meskipun dolar AS tidak bergerak banyak terhadap Euro dan Yen, dan tingkat bunga jangka panjang mulai naik kembali. Bahkan laporan NFP, yang menunjukkan kenaikan dalam pekerjaan lebih daripada yang diperkirakan, tidak dapat menahan kenaikan harga metal berharga tersebut. Sementara pasar kemungkinan akan menggali lebih lanjut akan berita-berita ini pada awal minggu ini, fokus akan berpindah dari AS ke Eropa dan Cina. Laporan utama minggu ini dan even-eventnya termasuk: keputusan tingkat bunga ECB, neraca perdagangan Cina, keputusan tingkat bunga BOC, GDP Jepang untuk kuartal keempat, dan CPI Cina. Berikut ini adalah outlook untuk emas dan perak untuk minggu ini menurut tradingnrg.com.

Di Cina, rencana ekonomi 5 tahun dirilis pada akhir minggu lalu dn tidak memberikan banyak kabar baik: pertumbuhan yang hanya 6.5% per tahun dan defisit fiskal sebesar 3% dari GPD tahun ini – dimana pada tahun 2015 targetnya defisit hanya 2.3%. Berita ini mungkin tidak bisa membantu permintaan fisik bullion tetapi bisa menaikkan keprihatinan terhadap ekonomi Cina, yang cenderung membantu menaikkan permintaan terhadap emas dan perak sebagai investasi.

Pada hari Jumat, laporan NFP dirilis: pertumbuhan pekerjaan sebanyak 242.000 – lebih tinggi daripada yang diperkirakan – tetapi upah turun dari 2.5% menjadi 2.2% per tahun. Menyusul berita ini menurut Fed-watch, kemungkinan kenaikan tingkat bunga di bulan Maret turun sampai mendekati 0%, untuk bulan Juni kemungkinan kenaikan meningkat sedikit menjadi 26%. Kelihatannya berita mengenai pertumbuhan yang lebih rendah di dalam upah cukup meyakinkan pasar bahwa the Fed tidak akan menaikkan tingkat bunga segera dan juga menarik keatas harga emas dan perak.

Kedepannya, keputusan tingkat bunga ECB akan menjadi event utama minggu ini: saat ini, pasar mengharapkan Draghi untuk menurunkan tingkat bunga deposito sebanyak 10 basis poin menjadi -0.4% dan mungkin juga menaikkan program QE dengan menambah 10 miliar euros per bulan. Jadi jika Draghi tidak mengalahkan ekspektasi pasar, Euro bisa mulai naik lagi.

Sebagai ringkasannya, minggu lalu berakhir dengan laporan pekerjaan yang menunjukkan pertumbuhan di pasar tenaga kerja tetapi tidak memberikan sesuatu kabar baik mengenai upah. Dan meskipun metal berharga mengalami rally pada hari Jumat minggu lalu, semua bisa saja berubah arah dengan pasar masih terus menggali kabar-kabar dari NFP. Dan kenaikan baru-baru ini di dalam tingkat bunga jangka panjang mulai menahan kenaikan emas dan perak. Tetapi fokus pasar akan berpindah ke Cina dan Eropa. Cina memiliki banyak data ekonomi yang akan dirilis bersamaan dengan reaksi terhadap rencana 5 tahun yang mengecewakan – berita yang bisa menaikkan level kecemasan di pasar dan mendukung metal berharga; di Eropa, pertunjukan mengenai Draghi akan menjadi pusat perhatian. Jika dia tidak memberikan stimulus lebih banyak – lebih daripada yang diharapkan dari dia sekarang – hal ini akan bisa mendukung Euro, yang juga kemungkinan akan memberikan tekanan naik terhadap emas dan perak.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here