Permulaan Indeks Shanghai 8 Maret Negatif Tergerus Pelemahan Cadangan Devisa Dan Data Perdagangan

448
bursa shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Selasa (08/03), Indeks Shanghai dibuka retreat, saat ini terpantau turun -47,01 poin atau -1,62 persen pada 2850.33. Pelemahan indeks Shanghai tertekan merosotnya cadangan devisa dan melemahnya data perdagangan yang terus menimbulkan kekuatiran perlambatan ekonomi Tiongkok.

Lihat : Indeks Shanghai 7 Maret Berakhir Positif Dengan Harapan Stimulus Beijing

Cadangan devisa Tiongkok turun $ 28.57 miliar pada bulan Februari, sedikit kurang dari yang diharapkan dan mengurangi dari kemerosotan Januari, menunjukkan bank sentral meningkatkan kembali intervensi untuk mendukung yuan dengan melambatnya aliran modal.

Cadangan devisa Tiongkok turun untuk bulan keempat berturut-turut, dan penurunan $ 3,2 triliun pada akhir Februari merupakan tingkat terendah sejak Desember 2011, data dari Bank Rakyat China menunjukkan Senin (07/03).

Lihat : Cadangan Devisa Tiongkok Februari Turun Terendah Sejak 2011

Ekspor Tiongkok dalam dolar AS jatuh untuk delapan bulan beruntun pada bulan Februari dari tahun sebelumnya, karena negara ekonomi terbesar kedua di dunia ini terus kehilangan momentum.

Ekspor turun 25,4% dari tahun sebelumnya menyusul penurunan dari 11,2% pada bulan Januari, data dari Administrasi Umum Bea Cukai menunjukkan hari Selasa (08/03). Angka-angka menunjukkan bahwa pengiriman luar negeri Tiongkok, terus menyeret pada kinerja ekonomi secara keseluruhan. Angka bulan Februari untuk ekspor di bawah perkiraan rata-rata untuk penurunan 15% oleh 17 ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal.

Lihat : Ekspor Februari Tiongkok Turun 8 Bulan Beruntun

Pada awal perdagangan bursa Shanghai, saham-saham sektor keuangan tertekan. Saham China Minseng Bak turun -3,38%, saham China Life Insurance turun -2,95%, saham hina Merchants Bank turun -2,79%, saham Bank of Communications turun -2,36%, saham Ping An Insurance turun -2,25%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai diperkirakan melemah dengan kekuatiran perlambatan ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2769-2685 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2936-3038.

 


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here