Harga Gula ICE Naik Terdorong Penguatan Real Brazil

500

Harga gula berjangka ICE ditutup dengan membukukan kenaikan pada akhir perdagangan bursa ICE Futures New York abu dini hari (09/03). Harga komoditas ini mengalami kenaikan dengan menguatnya mata uang Real Brazil.

Pada penutupan perdagangan mata uang, mata uang Real Brazil menguat. Pasangan kurs USDBRL berakhir melemah 0,74% pada 3.7511.

Karena negara Brazil adalah produsen besar dan eksportir gula kasar, dimana mata uangnya sangat berdampak besar pada pasar komoditas gula ini. Dengan menguatnya Real Brazil, melemahkan dollar AS, maka harga komoditas yang dijual dalam mata uang ini menjadi lebih murah dan dampaknya permintaan naik.

Pada penutupan perdagangan Rabu dini hari harga gula berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak Mei 2016 terpantau menguat . Harga gula berjangka paling aktif tersebut ditutup naik sebesar 0,20 sen atau setara dengan 1,36 persen pada posisi 14,86 sen per pon.

Lihat : Harga Gula ICE Murah Terpicu Penguatan Dollar AS

Malam ini akan dirilis data inflasi Brazil, yang diindikasikan menurun  dari hasil sebelumnya. Penurunan inflasi dapat menguatkan mata uang Real Brazil.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga gula berjangka di ICE Futures New York pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi menguat dengan potensi penguatan Real Brazil. Harga gula kasar berjangka di ICE Futures New York berpotensi mengetes level Resistance pada posisi 15,40 sen dan 15,90 sen. Sedangkan level Support yang akan dites jika terjadi penurunan harga ada pada posisi 14,40  sen dan 13,90 sen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here