Hasil Industri Inggris Awal Tahun 2016 Terbanyak Dalam 5 Bulan

353

Akhir bulan Februari telah diberitakan pertumbuhan ekonomi Inggris pada kuartal terakhir tahun 2015 menurun dari kuartal sebelumnya, selain karena menurunnya belanja masyarakat terlihat juga dari sektor industri negeri tersebut dalam 3 bulan terakhir tahun 2015 alami kontraksi jumlah produksinya. Namun masuki tahun 2016 sektor industri negara yang berencana keluar dari Uni Eropa tersebut bangkit kembali.

Kondisi tersebut terlihat dari laporan kantor statistik nasional Inggris (ONS) hari Rabu (9/3) yang menunjukkan perkembangan terakhir kondisi industri negara tersebut pada bulan Januari yang alami peningkatan dari 4 bulan berturut sebelumnya. ONS umumkan produksi industri negeri tersebut dibulan pertama tahun ini naik ke posisi skor 0,3% setelah bulan sebelumnya kontraksi di -1.1%.

United Kingdom Industrial Production MoM

Tingkat produksi industri bulan Januari tersebut merupakan kenaikan pertama dalam tiga bulan terakhir dan paling besar jumlahnya dalam lima bulan terakhir. Namun skor peningkatan produksi ini  sedikit lebih rendah  dari kenaikan 0,4 persen yang diharapkan ekonom sebelumnya.

Dari laporan itu juga terlihat tingkat produksi untuk sektor  manufaktur yang  naik 0,7 persen, lebih tinggi  dari pertumbuhan 0,2 persen yang diharapkan ekonom dan kontraksi produksi periode bulan sebelumnya. Lalu secara tahunan, total produksi industri naik 0,2 persen, sementara output manufaktur turun 0,1 persen. 

 

 

H Bara/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here