Pound Sesi Eropa 9 Maret Bangkit Kembali Oleh Data ONS

287

Pergerakan kurs pound  yang  dibuka lemah pada perdagangan sesi Asia melanjutkan trend perdagangan sebelumnya berhasil berbalik arah dan menguat terhadap dollar AS. Seperti yang diperkirakan analis sebelumnya setelah rilis data positif produksi manufaktur dan industri oleh kantor statistik nasional Inggris sore ini  pair GBPUSD dapat berbalik arah.

Lihat: Rekomendasi Poundsterling, Rabu 9 Maret 2016

Ditengah pelemahan dollar AS terhadap safe haven pada  perdagangan sesi Eropa  hari ketiga pekan ini (09/03), kurs pound yang sejak semalam melemah oleh pernyataan Mark Carney di hadapan parlemen Inggris terhadap rencana keluarnya Inggris dari Uni Eropa berhasil menguat setelah rilis data ekonomi tersebut.

Kantor statistik nasional Inggris (ONS) mengumumkan produksi manufaktur dan industri negeri tersebut pada bulan Januari berhasil naik dari kontraksi data bulan sebelumnya diakhir tahun 2015. Tingkat produksi manufaktur Inggris naik 0,7% setelah bulan sebelumnya kontraksi di -0,3% dan diperkirakan naik oleh ekonom ke skor 0,2%. Demikian juga tingkat produksi industri naik ke skor 0,3% setelah bulan sebelumnya kontraksi di -1,1% namun dibawah perkiraan ekonom untuk kenaikan di skor 0,6%.

Dari sisi pergerakan indeks dollar AS,  sejak awal perdagangan sesi Asia masih terus  bergerak negatif terhadap safe haven dan masuki sesi Eropa masih dalam kondisi yang sama. Dan untuk perdagangan sesi Amerika malam  ini , kekuatan dollar AS dapat pulih kembali jika data pasokan minyak mentah AS oleh EIA malam ini menunjang kenaikan harga minyak mentah. 

Pergerakan kurs poundsterling  di sesi Eropa (10:40:35 GMT) melemah  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka kuat    pada   1.4213 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  pound naik 19 pips  atau 0,1%  dan nilai bergulir  berada pada 1.4232.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair GBPUSD dapat  lanjut naik   ke posisi    1.4269-1.4326 namun jika tidak tembus dan koreksi lagi maka pair dapat  kembali turun ke kisaran  1.4164.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here