Klaim Pengangguran AS Turun Terendah 5 Bulan

271

Jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran turun lebih dari yang diperkirakan pekan lalu, mencapai tingkat terendah sejak Oktober, memperlihatkan kekuatan berkelanjutan di pasar tenaga kerja yang menghilangkan kekhawatiran resesi.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara menurun 18.000 ke penyesuaian musiman 259.000 untuk pekan yang berakhir 5 Maret pembacaan terendah sejak pertengahan Oktober, Departemen Tenaga Kerja mengatakan Kamis (10/03). Klaim pekan sebelumnya yang direvisi untuk menunjukkan 1.000 aplikasi yang lebih banyak diterima dari yang dilaporkan sebelumnya.

Klaim sedang mengamati tanda-tanda kelemahan pasar tenaga kerja menyusul penurunan besar pasar saham baru-baru ini yang menyebabkan pengetatatanpasar keuangan di tengah kekhawatiran ekonomi sedang menuju ke resesi.

Sejauh ini, pasar tenaga kerja tetap pada pijakan yang kuat, dengan nonfarm payrolls meningkat 242.000 pekerjaan pada bulan Februari dan tingkat pengangguran berada pada level terendah delapan tahun 4,9 persen.

Kekhawatiran resesi juga telah ditenangkan oleh belanja konsumen yang kuat pada awal tahun ini, serta tanda-tanda beberapa stabilisasi di sektor manufaktur yang bermasalah.

Sebuah pengetatan pasar tenaga kerja dan kenaikan inflasi bisa mendorong Federal Reserve secara bertahap menaikkan suku bunga tahun ini. Bank sentral AS menaikkan suku bunga acuan overnight pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Dolar naik terhadap euro menyusul keputusan Bank Sentral Eropa untuk menurunkan suku bunga utama dan memperluas program pembelian obligasi dalam upaya merangsang pertumbuhan di zona euro. Harga utang treasury AS mixed, sementara indeks saham berjangka AS rally.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan klaim tergelincir pada 275,000 pada minggu terakhir. Seorang analis Departemen Tenaga Kerja mengatakan tidak ada faktor khusus yang mempengaruhi data klaim minggu lalu.

Klaim sekarang telah di bawah ambang batas 300.000, yang berhubungan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang sehat, selama satu tahun, jangka terpanjang sejak awal 1970-an. Penurunan pekan lalu memperlihatkan klaim melanggar 262,000-294,000 kisaran terbaru mereka.

Klaim Empat minggu rata-rata bergerak, dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari tren pasar tenaga kerja, turun 2.500 ke 267.500 minggu lalu, tingkat terendah sejak akhir Oktober.

Laporan klaim menunjukkan jumlah orang masih menerima manfaat setelah minggu awal bantuan, turun 32.000 menjadi 2,23 juta pada pekan yang berakhir 27 Februari. empat minggu rata-rata klaim berlanjut jatuh 4.500 menjadi 2,25 juta.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here