Rupiah Kamis Berakhir Tertinggi 10 Bulan

275

Mengakhiri perdagangan  pasar valas tanah air hari Kamis (10/03), kekuatan rupiah sejak awal perdagangan terus bertambah dan membawa rupiah terkuat ke posisi tertinggi dalam 10 bulan. Dan diantara penguatan kurs kawasan Asia, rupiah memimpin volume penguatan paling tinggi terhadap dollar AS. 

Dampak  penguatan  rupiah  di bursa saham akhir perdagangan hari Kamis tidak membuat asing menambah aksi beli saham sehingga lebih banyak  aksi jual dan  terbentuk net sell  sebanyak Rp546 miliar lebih. Dampaknya  IHSG  terkoreksi dalam penurunan 0,4 persen ke posisi 4793.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi kenaikan  0,80% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13052/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13129/US$.  Namun penguatan kurs hingga  siang ini berbeda dengan pelemahan yang dilakukan BI terhadap  kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia   hari ini dilemahkan  ke posisi 13149  dari hari sebelumnya 13128 pada hari Selasa (08/03),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah   ke posisi 13215   dari posisi 13194 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah  bergerak positif kembali  oleh sentimen pelemahan  dollar AS yang terus berlanjut  hingga akhir perdagangan.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here