Bursa Tokyo 14 Maret Berakhir Dikuatkan Pesanan Mesin Dan Harapan Stimulus BOJ

413

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang awal pekan Senin (14/03), indeks Nikkei lanjutkan penguatan, naik 294,88 poin, atau 1,74 persen, di 17233.75. Penguatan indeks Nikkei terpicu positifnya data pesanan mesin Jepang dan harapan stimulus pertemuan BOJ.

Lihat : Indeks Nikkei 14 Maret Dibuka Naik Terdorong Pelemahan Yen Dan Lonjakan Pesanan Mesin

Pesanan mesin inti Jepang melonjak 15% pada bulan Januari, peningkatan bulan kedua berturut-turut, demikian dinyatakan pemerintah Jepang Senin 14/03), meskipun masih adanya kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi Tiongkok.

Kenaikan pesanan inti, yang merupakan indikator utama dari investasi bisnis, lebih baik daripada peningkatan 2,7% yang diperkirakan oleh ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal dan Nikkei. Sedangkan secara pesanan mesin inti secara tahunan meningkat 8,4%.

Peningkatan pesanan antara pembuat baja dan pembuat kapal berkontribusi besar pada angka Januari yang kuat. Pesanan mesin dapat bergerak volatile dari bulan ke bulan.

Lihat :Pesanan Mesin Inti Jepang Januari Melonjak 15%

BOJ memulai pertemuan kebijakan selama dua hari dimulai pada hari Senin ini, dan diperkirakan akan mempertahankan kebijakan suku bunga tidak berubah setelah pasar mengadopsi suku bunga negatif pada akhir Januari.

Bank sentral Jepang akan terus melakukan ekspansi tahunan basis moneter pada 80 triliun yen ($ 702 miliar), menurut 35 dari 40 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. Semua, kecuali dua orang, memprediksi tingkat kebijakan akan tetap minus 0,1 persen.

Pada akhir perdagangan saham sore ini, saham-saham yang menguatkan indeks Nikkei adalah saham Dai-ichi Life Insurance Co Ltd/The yang naik 8,63%, saham Pioneer Corp naik 7,00%, saham Fast Retailing Co Ltd naik 5,20%, saham MS&AD Insurance Group Holdings Inc naik 5,06%, saham T&D Holdings Inc naik 4,82%.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau naik 10 poin atau 0,06% pada 17,120, naik dari perdagangan sebelumnya pada 17,110.

Esok pagi akan dirilis BOJ Interest Rate Decision yang diperkirakan akan sama dengan hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei diperkirakan berpotensi menguat terbatas dengan potensi pelemahan Yen dan penguatan bursa global. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 16,679-16,151, dan kisaran Resistance 17,629-18,187.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here