Indeks Shanghai 14 Maret Ditutup Positif Terdorong Pernyataan Dukungan Regulator

637
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Senin (14/03), indeks Shanghai ditutup positif, naik 49,58 poin, atau 1,76 persen, di 2859.89. Penguatan indeks Shanghai terdorong pernyataan dukungan dari regulator sekuritas.

Lihat : Permulaan Indeks Shanghai 10 Maret Negatif Tertekan Kenaikan Inflasi

Pasar Saham Tiongkok naik pada Senin, terdorong pada janji akhir pekan oleh regulator sekuritas pemerintah yang akan campur tangan dalam hal pasar jatuh berkelanjutan, kata para dealer.

Data ekonomi Tiongkok yang dirilis pada Sabtu menunjukkan kelemahan lebih lanjut di banyak ekonomi, tetapi juga berisi beberapa titik terang.

Lihat : Produksi Industri Tiongkok Merosot Dua Bulan Berturut

Produksi manufaktur pada bulan Januari dan Februari tumbuh dengan kecepatan yang terlemah sejak 2008, sementara penjualan ritel naik pada tingkat paling lambat sejak Mei 2015.

Tapi investasi aset tetap, penggerak penting perekonomian, naik 10,2 persen dalam dua bulan pertama dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, demikian juga penjualan properti dan KPR naik tajam.

Lihat : Penjualan Ritel Januari Tiongkok Melambat; Penjualan Online Melonjak

Gubernur Bank Rakyat China (PBOC), Zhou Xiaochuan mengatakan pada akhir pekan bahwa bank sentral tidak akan mengupayakan untuk stimulus yang berlebihan untuk mendorong pertumbuhan tetapi akan menjaga sikap fleksibel dalam hal guncangan ekonomi.

Pada akhir perdagangan saham bursa Shanghai dikuatkan oleh saham-saham yang naik tertinggi. Saham Tongfang naik 4,84%, saham Founder Technology naik 4,49%, saham Wanhua Chemical naik 3,65%, saham Zhenhua naik 3,33%, saham Air China naik 3,27%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai masih berpotensi melemah terbatas dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2759-2639 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2991-3094.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here