Pesanan Mesin Inti Jepang Januari Melonjak 15%

479

Pesanan mesin inti Jepang melonjak 15% pada bulan Januari, peningkatan bulan kedua berturut-turut, demikian dinyatakan pemerintah Jepang Senin 14/03), meskipun masih adanya kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi Tiongkok.

Kenaikan pesanan inti, yang merupakan indikator utama dari investasi bisnis, lebih baik daripada peningkatan 2,7% yang diperkirakan oleh ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal dan Nikkei. Sedangkan secara pesanan mesin inti secara tahunan meningkat 8,4%.

japan-machinery-orders (1)

Peningkatan pesanan antara pembuat baja dan pembuat kapal berkontribusi besar pada angka Januari yang kuat. Pesanan mesin dapat bergerak volatile dari bulan ke bulan.

Data mengikuti serangkaian indikator ekonomi menunjukkan penurunan konsumen dan sentimen bisnis, dengan harga pasar saham tetap lebih rendah, dengan yen yang lebih kuat, untuk tahun ini.

Lihat : Sentimen Bisnis Pabrikan Jepang Kuartal Awal 2016 Anjlok

Menurut sebuah survei yang dirilis hari Jumat oleh Departemen Keuangan, perusahaan Jepang berharap untuk mengurangi belanja modal sebesar 6,6% pada tahun fiskal berikutnya dimulai pada bulan April, setelah meningkat itu 8,8% pada tahun fiskal saat ini.

Hal ini menimbulkan pertanyaan yang sulit untuk Perdana Menteri Shinzo Abe, yang telah bergantung pada pengeluaran bisnis untuk memimpin ekonomi Jepang yang lebih tinggi.

Bisnis investasi meningkat dalam dua tahun terakhir, dengan perusahaan membangun hotel baru dan gudang dan memperoleh sistem komputer baru dalam menanggapi peningkatan jumlah wisatawan dan pertumbuhan bisnis yang berhubungan dengan Internet Tiongkok.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here