Saham KAEF Berusaha Kuat Meski Bisnis Sedikit Terpukul

319

Pergerakan saham  PT Kimia Farma (Persero) Tbk (KAEF) usai perdagangan sesi pertama awal pekan ini sedang flat setelah bergerak konsolidasi pasca dilaporkannya kinerja keuangan perseroan sepanjang tahun 2015 yang alami penurunan kinerja ataupun keuntungan dibandingkan dengan pencapaiaan tahun 2014.

Laba bersih yang didapat KAEF merosot dari tahun 2014 menjadi  Rp248,84 miliar atau turun 2 persen lebih  dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp255,93 miliar. Turunnya kinerja di picu oleh meningkatnya beban pokok pendapatan, beban pokok penjualan dan rugi investasi ditengah meningkatnya pendapatan   menjadi Rp4,86 triliun dari tahun 2014 yang hanya  Rp4,52 triliun.

Untuk aset pabrikan obat pelat merah per akhir tahun 2015 alami peningkatan dari aset tahun 2014, aset KAEF  mencapai Rp3,23 triliun sedangkan tahun sebelumnya  Rp3,01 triliun.   Untuk prospek bisnis tahun ini,  KAEF anggarkan capex tahun sekitar Rp1 triliun dimana sepanjang tahun lalu serapan anggaran capex hanya 350 miliar dari Rp590 miliar yang sudah dianggarkan sebelumnya.

Menilik kabar dari lantai bursa perdagangan saham pada Senin (14/03) saham KAEF dibuka pada level 1295 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level sama dan volume perdagangan sudah mencapai 93 ribu lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham KAEF  akhir pekan menguat signifikan dengan  indikator MA masih  bergerak naik dengan Stochastic menembus bergerak naik di area jenuh beli.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar didukung oleh +DI yang   bergerak naik yang menunjukan pergerakan KAEF dalam penguatan terbatas. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasai trading hari ini pada target level resistance di level 1260  hingga target support di level 1300.

 

 

 

 

 

Lens Hu/VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here