Indeks Nikkei 15 Maret Dibuka Negatif Mewaspadai Hasil Pertemuan BOJ

374
indeks nikkei

Indeks Nikkei di Bursa Jepang pada awal pembukaan perdagangan Selasa (15/03) dibuka negatif, saat ini terpantau turun -41,79 poin atau -0,24 persen di 17191.96. Pelemahan indeks Nikkei terpicu kewaspadaan investor menantikan hasil peretemuan kebijakan Bank of Japan yang diperkirakan akan mempertahankan tingkat suku bunga tetap.

Lihat : Bursa Tokyo 14 Maret Berakhir Dikuatkan Pesanan Mesin Dan Harapan Stimulus BOJ

BOJ akan menyimpulkan hasil pertemuan dua harinya pada  Selasa pagi ini, yang akan diikuti oleh keputusan kebijakan dari Federal Reserve pada Rabu.

Investor mencoba untuk melihat ke mana arah hasil kebijakan moneter Jepang dan ASSebagiab besar diperkirakan berpikir bahwa Bank of Japan tidak akan bergerak, tetapi melihat perekonomian Jepang memburuk, sehingga kemungkinan BOJ akan melakukan sesuatu yang lain.

Tiga puluh lima dari 40 ekonom yang disurvei Bloomberg memperkirakan BOJ akan mempertahankan kebijakan tidak berubah pada Selasa, dengan sebagian besar mengharapkan dewan bank untuk menunggu sebelum menyetujui stimulus moneter lebih lanjut. Gubernur Haruhiko Kuroda mengejutkan pasar dengan keputusan 29 Januari untuk memperkenalkan suku bunga negatif.

Pada awal perdagangan saham pagi ini, saham eksportir Jepang diperdagangkan mixed, dengan saham Toyota dan saham Nissan masing-masing turun 0,29 persen dan 1,03 persen, sedangkan saham Sony naik 0,2 persen.

Sedangkan saham perminyakan Jepang Inpex turun 0,98 persen.

Dalam berita perusahaan, koran Nikkei Jepang melaporkan bahwa Toshiba adalah dalam negosiasi tahap akhir dengan perusahaan alat rumah tangga raksasa Tiongkok, Midea Group untuk menjual bisnis barangnya .

Toshiba mencari untuk mayoritas saham di anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki nya Toshiba Lifestyle Produk & Layanan oleh musim panas ini untuk Midea, Nikkei melaporkan, menambahkan kesepakatan itu diharapkan membawa puluhan miliar yen. Saham Toshiba naik 1,03 persen.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau turun 0,30 poin atau 0,18% pada 17,080, turun dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya pada 17,110.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya hari ini, indeks diperkirakan masih berpotensi menurun dengan kekuatiran perkembangan ekonomi domestik. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 16,528-16,060, dan kisaran Resistance 17,508-18,051.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here