Jelang BOE Rate Kurs Pound Sesi Eropa Masih Tangguh

316

Pergerakan kurs pound  yang  dibuka kuat sejak perdagangan sesi Asia dan sempat bergerak negatif masuki sesi Eropa, akhirnya berhasil naik tinggi kembali mengalhkan dollar melanjutkan perdagangan sebelumnya oleh sentimen prospek kenaikan suku bunga the Fed yang mengecewakan. Posisi mata uang yang memiliki fundamental lemah ini pasca Brexit   bertahan di teritori positif jelang pengumuman kebijakan moneter terbaru BOE malam ini.

Bank sentral Inggris pada rapat dewan kebijakan (MPC BOE) hari ini akan umumkan posisi suku bunganya dan proyeksi inflasi dan pertumbuhan ekonomi negara ini selanjutnya. Untuk hasil pertemuan ini pasar mengharapkan BOE tidak mengubah kebijakannya dan tetap pada suku bunga di 0,5%.

Dari sisi pergerakan dollar AS, indeks dollar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap rival utamanya semakin terpuruk perdagangan terhadap semua rival utamanya, bahkan indeks dollar sendiri telah anjlok ke posisi terendah sejak bulan Oktober 2015. Untuk sesi malam ini juga kurs dollar diperkirakan akan tambah loyo oleh rilis data klaim pengangguran Amerika pekan lalu.

Pergerakan kurs poundsterling  di sesi Eropa (09:30:35 GMT) menguat  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka kuat    pada   1.4258 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  pound naik 44 pips  atau 0,4%  dan nilai bergulir  berada pada 1.4302.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair GBPUSD dapat naik   ke posisi resisten 1.4338-1.4416 namun jika koreksi turun maka pair dapat  kembali ke kisaran  1.4117.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here