Kebijakan Fed, Kenaikan Yuan Dan Minyak Mentah Mendukung Bursa Shanghai

328
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (17/03), indeks Shanghai ditutup positif, naik 35,11 poin, atau 1,22 persen, di 2905.54. Penguatan indeks Shanghai terdorong keputusan The Fed mempertahankan suku bunga, kenaikan Yuan dan minyak mentah.

Lihat :Indeks Shanghai 17 Maret Terdukung Kebijakan The Fed Dan Penguatan Yuan

Federal Reserves AS mengeluarkan pernyataan dovish Kamis dinihari tadi, yang memangkas perkiraan jumlah kenaikan suku bunga tahun 2016 dan 2017.
 
Jika pada pertemuan bulan Desember The Fed AS memproyeksikan empat kenaikan suku bunga pada tahun 2016, maka pada perkiraan baru yang dirilis dinihari tadi, jumlah tersebut dipangkas menjadi dua. Pejabat Fed juga memangkas harapan mereka untuk pertumbuhan ekonomi dan inflasi.
 
Selain hanya dua kenaikan tingkat suku bunga tahun ini, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) juga memproyeksikan hanya dua kenaikan pada tahun 2017, menurut Ringkasan Proyeksi Ekonomi terbaru.
 

Dalam pasar mata uang, Yuan menguat terhadap dolar, dengan paerdagangan pair dolar / yuan turun 0,63 persen di 6,4954 pada 03:29 waktu HK / SIN. Sebelum pasar dibuka, Bank Rakyat China (PBOC) menetapkan tingkat titik tengah yuan di 6,4961, dibandingkan dengan kurs tetap Rabu dari 6,5172.

Sementara itu, harga minyak mentah berjangka AS lebih tinggi 1,22 persen pada $ 38,93 per barel setelah menetap naik 5,8 persen dalam perdagangan AS semalam, sementara harga minyak mentah berjangka Brent naik 0,47 persen, atau 19 sen, di $ 40,52 setelah naik 4 persen semalam.

Kenaikan terjadi setelah persediaan minyak mentah mingguan lebih kecil dari yang diperkirakan, dan berita positif bahwa produsen minyak utama akan bertemu pada 17 April di Qatar untuk membahas tentang pembekuan produksi.

Pada akhir perdagangan saham di bursa Shanghai, saham-saham yang naik tertinggi adalah saham Sichuan Hongda yang naik 4,53%, saham Tongfang naik 3,68%, saham Founder Technology naik 3,34%, saham CITIC Securities naik 3,29%, saham Beijing Gehua CATV Network naik 2,97%.

Esok pagi akan dirilis data ekonomi House Price Index (YoY) Februari, yang diindikasikan sama dengan hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai masih berpotensi menguat terbatas dengan stabilnya data perumahan, namun perlu dicermati pergerakan Wall Street dan harga minyak mentah yang juga bisa mempengaruhi pergerakan bursa Shanghai. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2815-2732 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3019-3112.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here