Turunnya Pengangguran Terbangkan Aussie Ke Puncak 9 Bulan

312

Pergerakan mata uang Australia terhadap dollar AS semakin menjulang tinggi hingga perdagangan sesi Eropa (17/03) bahkan berhasil mencapai posisi tertinggi sejak perdagangan bulan Juli 2015 atau sekitar 9 bulan tertinggi. Tenaga rally yang didapat AUDUSD selain penguatan harga minyak mentah juga laporan perkembangan pasar tenaga kerja Asutralia bulan Februari.

Kantor statistk nasional Australia (ABS) pagi tadi melaporkan tingkat pengangguran negeri tersebut pada bulan Februari turun ke posisi 5,8% setelah bulan sebelumnya naik ke posisi 6%. Tingkat pengangguran negeri ini kembali berada di posisi bulan November dan Desember 2015. Setelah data ini dirilis laju aussie semakin kencang.

Sebelumnya pair AUDUSD sudah menguat oleh kenaikan harga minyak mentah untuk hari kedua berturut setelah dari awal pekan anjlok parah. Kenaikan harga minyak mentah hari ini mendapat dorongan dari laporan EIA akan turunnya kenaikan pasokan minyak mentah AS dan kesepakatan produsen OPEC.

Lihat:Harga Minyak Mentah Sesi Asia Maju

Dari sisi pergerakan dollar AS, indeks dollar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap rival utamanya semakin terpuruk perdagangan terhadap semua rival utamanya, bahkan indeks dollar sendiri telah anjlok ke posisi terendah sejak bulan Oktober 2015.

Pergerakan kurs aussie di sesi Eropa (08:00:35 GMT) bergerak sangat kuat  terhadap dollar AS,  setelah  dibuka naik  pada   0.7561 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  aussie naik 80  pips  atau 0,8%  dan nilai bergulir  berada pada 0.7641.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair AUDUSD akan naik ke posisi resisten  0.7658-0.7801 namun jika tidak berhasil tembus maka pair dapat  kembali turun  ke kisaran  0.7457-0.7363.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here