Bursa Eropa Dibuka Positif Terdorong Kenaikan Minyak Mentah

375

Bursa saham Eropa dibuka positif pada awal perdagangan hari Jumat (18/03), terdorong kenaikan harga minyak mentah.

Indeks Stoxx 600 Pan Eropa diperdagangkan 0,4 persen lebih tinggi setelah bergerak antara wilayah positif dan negatif pada awal perdagangan. Semua sektor yang lebih tinggi, kecuali sektor sumber daya dasar dan minyak dan gas, meskipun harga minyak mentah naik ke posisi baru tertinggi tahun 2016.

Terpantau indeks FTSE 100 berada pada 6.219,75, naik 18,63 poin atau  0,30%

Indeks DAX berada pada posisi 9.910,70, naik 18,50 poin atau 0,19%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.458,95, naik 16,06 poin atau 0,36%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 9.025,60, naik 46.80 poin atau 0,52%

Lihat : Bursa Eropa Dibuka Positif Merespon Kebijakan The Fed

Pemain terbaik pada indeks adalah Bank of Ireland, yang naik 5 persen. Sedangkan pemain terburuk pada indeks adalah Nordea Bank setelah Societe Generale memotong rating saham untuk menjual, turun 7,6 persen.

Saham kelompok barang mewah Swiss, Richemont diperdagangkan 0,7 persen lebih tinggi setelah laporan bahwa kepala eksekutif Bernard Fornas akan pensiun pada akhir Maret dan akan digantikan oleh Cyrille Vigneron, CEO bisnis Cartier-nya.

Saham Banca Popolare di Milano diperdagangkan 3,2 persen lebih rendah setelah bank berencana untuk merger dengan Banco Popolare. ECB mengatakan kelompok merger akan membutuhkan posisi modal yang kuat dan kualitas aset dari awal, Reuters melaporkan.

Sementara itu, perusahaan asuransi Italia Generali turun 0,3 persen setelah perusahaan melaporkan peningkatan 22 persen laba bersih tahun 2015 dan meningkatkan kekuatan keuangan, Reuters melaporkan.

Pasar Asia diperdagangkan sebagian besar lebih tinggi Jumat, setelah bursa saham AS naik semalam dan harga minyak mencapai level tertinggi untuk tahun ini. Tapi penguatan yen terus membebani saham Jepang.

Membantu untuk mendorong keuntungan pasar yang meningkat lebih lanjut dalam harga minyak, yang melonjak ke tingkat tertinggi tahun ini karena dolar melemah dan lanjutan pembahasan langkah-langkah pembekuan produksi pada pertemuan 17 April dari tokoh OPEC Arab Saudi dan produsen non-OPEC, termasuk Rusia.

Pada hari Kamis, harga minyak mentah WTI telah ditutup di atas $ 40 untuk pertama kalinya tahun ini, naik $ 1,75 untuk mengakhiri sesi AS di $ 40,20 per barel, penutupan tertinggi sejak 3 Desember. Pada 0500 GMT pada minyak mentah AS Jumat, diperdagangkan kuat sekitar $ 40,24 per barel dan patokan minyak mentah Brent berada di $ 41,47 per barel.

Dalam berita lain, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi memperingatkan para pemimpin Eropa pada hari Kamis bahwa kebijakan moneter saja tidak akan cukup untuk meningkatkan ekonomi dan pemerintah diperlukan untuk mendorong melalui reformasi struktural, Reuters melaporkan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif mengikuti pergerakan harga minyak yang positif, namun perlu dicermati pergerakan bursa Wall Street dan juga rilis data Labour Cost Index dan Wage Growth sore ini yang jika positif juga membantu mengangkat pergerakan bursa Eropa.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here