Bank Sentral Tiongkok Naikkan Yuan Tertinggi Sejak November

473

Bank Sentral Tiongkok menaikkan tingkat referensi harian yuan tertinggi sejak November setelah dolar merosot ke lima bulan rendah semalam . Bank Rakyat China menetapkan Yuan naik sebesar 0,51 persen menjadi 6,4628 terhadap dolar. The Bloomberg Dollar Spot Index turun 1,1 persen pada Kamis, memperpanjang penurunan setelah Federal Reserve Rabu turunkan perkiraan untuk kenaikan suku bunga tahun ini.

Yuan diperdagangkan di Hong Kong naik 0,06 persen menjadi 6,4521 dolar pada 9:21 pada hari Jumat. Mata uang Tiongkok, yang menguat 0,7 persen pada hari Kamis ke tertinggi tahun ini, akan mulai diperdagangkan pada 09:30 di Shanghai.

Lihat : Parlemen Tiongkok Menyetujui Cetak Biru Rencana Pembangunan Lima Tahun

“Pasar sekarang mengharapkan Fed untuk menaikkan suku bunga lebih sedikit tahun ini, yang melonggarkan tekanan arus modal keluar dari pasar negara berkembang dan mendukung mata uang Asia termasuk yuan,” kata Kenix Lai, analis valuta asing di Bank of East Asia Ltd di Hong Kong. “Tapi PBOC tidak akan mungkin membiarkan apresiasi signifikan yuan karena mata uang yang terlalu kuat akan merugikan ekspor Tiongkok dan fundamental ekonomi.”

Mata uang Tiongkok telah kembali ke lebih “normal, rasional dan mendasar”, dan negara tidak perlu menggunakan kebijakan valuta asing untuk meningkatkan perdagangan, Gubernur PBOC Zhou Xiaochuan mengatakan kepada wartawan pada 12 Maret. 

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here