Konsumen AS Kurang Optimis

756

Konsumen AS merasa kurang optimis dari yang diperkirakan pada Maret tertekan harga gas, survei awal menunjukkan.

Indeks sentimen konsumen Maret mencapai 90, University of Michigan mengatakan Jumat dalam pembacaan awal. Analis memperkirakan indeks sentimen untuk mencapai 92,2, menurut perkiraan konsensus Thomson Reuters, naik dari pembacaan akhir Februari dari 91,7.

united-states-consumer-confidence

“Kepercayaan konsumen mereda pada awal Maret karena meningkatnya kekhawatiran tentang prospek ekonomi serta perkiraan bahwa harga gas akan naik ke atas selama tahun depan,” kata Richard Curtin, kepala ekonom dari survei.

Sebuah barometer kesehatan ekonomi, survei mengukur sikap konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan harapan masa depan.

Penilaian konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini juga turun pada Februari, mencapai 105,6, turun dari 106,8. Ukuran harapan masa depan jatuh ke 80 dari 81,9 pada bulan Februari.

“Sementara konsumen tidak mengantisipasi resesi, mereka tidak lagi berharap perekonomian mengungguli tingkat 2,4 persen dari pertumbuhan ekonomi tercatat dalam dua tahun terakhir,” kata Curtin dalam sebuah pernyataan. “Unsur yang paling penting yang mendukung optimisme konsumen adalah keyakinan mereka bahwa pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat tidak akan berdampak cukup besar pada mempertahankan tingkat pengangguran di sekitar tingkat yang rendah saat ini.”

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here