Preview: UoM Consumer Sentiment AS

352

Indeks sentimen konsumen UoM mensurvei sikap konsumen dan perkiraan mengenai ekonomi AS. Kenaikan di dalam keyakinan konsumen adalah suatu tanda yang positip mengenai kesehatan ekonomi AS dan adalah suatu faktor bullish bagi dolar AS. Indeks ini dirilis bulanan dan merupakan indikator ekonomi terdepan.

Sentimen konsumen menurun di bulan Februari mencapai 90.7 dibandingkan dengan 93.3 di bulan sebelumnya. Hal ini menandakan 5 bulan yang rendah dari indikator ini. Pasar mengharapkan indikator ini membalikan arahnya dan bergerak naik lebih tinggi di bulan Februari, sebesar 92.1.

Euro rally pada akhir minggu lalu karena pengumuman dari Mario Draghi bahwa ECB tidak berencana untuk memotong tingkat bunganya lebih jauh. Bahkan stimulu lebih lanjut adalah hal yang mustahil. Efek dari langkah yang diumumkan ini akan membuat euro mengalami rally secara terbatas. Seperti yang telah diperkirakan, the Fed tidak menaikkan tingkat bunganya pada minggu ini, walaupun the Fed bisa mengambil tindakan tersebut di pertengahan 2016 jika ekonomi menunjukkan tanda-tanda “overheating”. Karenanya sentimen secara keseluruhan adalah netral terhadap EUR/USD terhadap rilis data ini.

Berikut ini adalah 5 kemungkinan yang terjadi terhadap EUR/USD

  1. Dalam Ekspektasi: 89.0 s/d 95.0: Apabila angka derange ini yang keluar, EUR/USD kemungkinan akan naik di dalam range, dengan sedikit kemungkinan untuk menembus lebih tinggi.
  2. Diatas Ekspektasi: 95.1 s/d 99.0: Angka yang tanpa terduga lebih tinggi seperti ini bisa mengirim pasangan matauang ini dibawah satu level support.
  3. Jauh diatas Ekspektasi: Diatas 99.0: Kemungkinan terjadinya skenario ini adalah kecil. Apabila terjadi juga maka dua atau bahkan lebih garis support bisa tertembus.
  4. Dibawah Ekspektasi: 85.0 s/d 88.9: Angka yang buruk ini bisa mendorong pasangan matauang ini naik keatas dan satu level resistance bisa tertembus.
  5. Jauh dibawah Ekspektasi: Dibawah 85.0: Penurunan yang tajam di dalam keyakinan konsumen kemungkinan akan memukul dolar AS dan EUR/USD bisa menembus diatas dua atau bahkan lebih dari level resistance.

Level tehnikal dari atas kebawah adalah 1.1460, 1.1373, 1,13, 1.1220, 1.1140 dan 1.1070

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here