Bursa Eropa Dibuka Negatif Tergerus Pelemahan Minyak Mentah

349

Bursa saham Eropa dibuka lebih rendah pada awal perdagangan awal pekan hari Senin (21/03), merespon perdagangan mixed di Bursa Asia, dan pelemahan harga komoditas seperti minyak mentah membebani sentimen investor.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,6 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.170,09, turun -19,55 poin atau -0,32%

Indeks DAX berada pada posisi 9.899,03, turun -51,77 poin atau -0,52%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.434,82, turun -27,69 poin atau -0,62%

Volatilitas harga minyak mentah dalam beberapa bulan terakhir telah memukul sentimen di pasar global tetapi harga minyak mentah berjangka Brent baru-baru ini mengadakan pemulihan untuk naik di atas $ 40 per barel.

Pasar saham Asia berakhir mixed. Indeks Shanghai Composite dan Shenzhen Composite berada di wilayah positif setelah perusahaan China Securities Finance Corp yang didukung negara mengatakan akan mulai menawarkan pembiayaan margin perusahaan sekuritas lagi setelah suspensi sebelumnya. Analis mengatakan bahwa hal itu menunjukkan regulator Tiongkok siap untuk memberikan pelonggaran pasar dan pendanaan yang lebih murah.

Lihat : Bursa Eropa Akhir Pekan Mixed, Turun Tipis Secara Mingguan

Dalam berita perusahaan, kepala eksekutif perusahaan asuransi Perancis AXA, Henri de Castries, katanya akan mengundurkan diri pada tanggal 1 September De Castries akan digantikan oleh Thomas Buberl.

Sementara itu, Telecom Italia mengatakan dalam “perundingan” dengan kepala eksekutif Marco Patuano terkait pengunduran dirinya.

Malam nanti akan dirilis data penting Consumer Confidence zona Euro Februari yang diindikasikan berdasarkan perkiraan ekonom akan sedikit naik dari penurunan sebelumnya. Sebelumnya pada sore hari akan dirilis data Current Account Januari yang diperkirakan akan menurun dari hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak mixed mencermati rilis data ekonomi zona Euro, namun akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa global yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa Eropa selanjutnya.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here