CBI : Biaya $ 145 Miliar Dan Kehilangan 950.000 Pekerjaan Jika Brexit Terjadi

420

The Confederation of British Industry (CBI), lembaga yang menentang keluarnya Inggris dari Uni Eropa, atau dikenal dengan istilah “Brexit”, menyatakan bahwa dengan Inggris meninggalkan Uni Eropa mungkin akan mengeluarkan biaya 100 miliar pound ($ 145 milyar) dalam hilangnya produksi ekonomi dan 950.000 pekerjaan pada tahun 2020.

Hasil suara untuk meninggalkan blok Eropa dalam referendum yang diprakarsai Perdana Menteri David Cameron pada 23 Juni “akan menyebabkan kejutan serius bagi perekonomian Inggris,” kata kelompok lobi bisnis utama Inggris tersebut, mengutip sebuah studi yang diselenggarakan PricewaterhouseCoopers dari dua skenario Brexit.

Lihat : Defisit Perdagangan Inggris Januari Menyempit

“Meninggalkan Uni Eropa akan menjadi pukulan nyata untuk standar hidup, pekerjaan dan pertumbuhan,” kata Direktur Jenderal CBI, Carolyn Fairbairn dalam sebuah pidato di London hari Senin, menurut pernyataan yang dikeluarkan di muka oleh kelompok lobi. “Penghematan dari pengurangan kontribusi anggaran dan regulasi Uni Eropa yang sangat sebanding dengan dampak negatif pada perdagangan dan investasi.”

Menurut penelitian, PDB Inggris Raya mungkin 5 persen lebih rendah daripada jika tidak dilakukan penarikan dari Uni Eropa pada tahun 2020, meskipun mungkin hanya 3 persen lebih rendah jika kesepakatan perdagangan bebas dengan cepat dicapai dengan Uni Eropa. Pertumbuhan mungkin serendah nol pada tahun 2017 atau 2018, kata CBI.

“Perekonomian perlahan akan pulih dari waktu ke waktu, tetapi tidak pernah cukup kembali ke tempat semula,” Fairbairn akan mengatakan. “Meninggalkan Uni Eropa akan berarti ekonomi yang lebih kecil pada tahun 2030.”

CBI mengatakan pekan lalu akan berkampanye untuk menjaga U.K. dalam Uni Eropa setelah survei menemukan empat-perlima dari anggotanya percaya ini akan menjadi yang terbaik untuk bisnis mereka.

Kampanye Brexit berpendapat Inggris akan lebih baik di luar blok karena Eropa merupakan pasar yang menyusutkan ekspor U.K. dan pemerintah akan dapat mengelola transaksi perdagangan sendiri dengan ekonomi yang tumbuh cepat di seluruh dunia.


 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here