Ekspor Korea Selatan Maret Turun Drastis

360

Ekspor Korea Selatan telah menurun drastis sepanjang bulan ini, melanjutkan penurunan yang berkepanjangan. Korea Customs Service mengatakan pada Senin (21/03) bahwa ekspor barang nasional senilai 23,77 miliar dolar AS antara 1 hingga 20 Maret, turun 19,2 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Ekspor negara ginseng tersebut, dari awal tahun hingga 20 Maret turun 16,6 persen menjadi 96,76 miliar dollar AS dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2015.

Lihat : Volume Ekspor Korea Selatan Anjlok 7,4%, Terburuk Sejak Krisis 2009

Ekspor turun 12,2 persen secara tahunan menjadi 36,4 miliar dolar AS pada bulan Februari, yang menggambarkan tren menurun selama 14 bulan berturut-turut, periode terpanjang sejak statistik ekspor bulanan mulai dikompilasi pada tahun 1970.

Lihat : Korea Selatan Bukukan Surplus Perdagangan 49 Bulan Berturut

Jika tingkat ekspor bulanan terus menurun pada tingkat saat ini sampai akhir Maret, ekspor untuk seluruh bulan akan menandai penurunan terbesar dalam enam tahun dan tujuh bulan sejak Agustus 2009.

Pemerintah memprediksi bahwa ekspor akan berada dalam kondisi yang lebih baik bagi seluruh bulan Maret, mencatat peningkatan yang diamati setelah Februari.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here