Harga Karet Tocom Akhir Pekan Naik, Mingguan Bukukan Kenaikan 6 Persen

368

Harga karet berjangka Tocom naik ke 2-minggu tertinggi pada akhir perdagangan akhir pekan pada hari Jumat, membuat kenaikan mingguan hampir 6%, karena kenaikan harga minyak mentah yang lebih tinggi mengimbangi lonjakan yen dan indeks Nikkei yang melemah.

Harga karet Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) untuk pengiriman bukan Agustus berakhir 3,3 Yen atau 1,9% lebih tinggi pada 178,9 Yen per kilogram, setelah mundur dari tertinggi 181,5 yen per kilogram, tertinggi sejak 7 Maret.

Minyak berjangka AS menyentuh titik tertinggi baru untuk tahun 2016 pada hari Jumat dan ditetapkan untuk mengirim keuntungan selama seminggu beruntun di tengah berkembangnya optimisme bahwa produsen utama akan mencapai kesepakatan untuk pembekuan produksi, sementara tingkat suku bunga yang lebih rendah juga mendukung harga.

Lihat : Harga Karet Tocom Dikuatkan Kenaikan Minyak Mentah

Dolar AS diadakan di dekat level terendah 17-bulan pada ¥ 110,67 setelah prospek kurang hawkish Fed untuk suku bunga AS menekan mata uang AS.

Indeks Nikkei rata-rata jatuh untuk hari keempat pada hari Jumat, setelah dolar jatuh ke dekat 17 bulan rendah, menekan eksportir dan menekan sentimen secara keseluruhan.

Pada hari Senin, pasar Jepang libur memperingati Spring Equinox Day, dan akan dibuka kembali pada hari Selasa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi melemah dengan potensi penurunan harga minyak mentah. Juga perlu dicermati potensi penguatan Yen yang bisa melemahkan harga karet tocom.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level Support di posisi 174,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 169,00 yen. Sementara itu jika harga rebound akan menemui Resistance di posisi 184,00  yen dan 189,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here