Wakil PM Tiongkok : Ekonomi Tiongkok Berada Di Jalur Positif

330

Ekonomi Tiongkok berada di jalur yang tepat di kuartal pertama tahun ini dengan indikator ekonomi utama telah menunjukkan tanda-tanda perbaikan, demikian Wakil Perdana Menteri Tiongkok Zhang Gaoli mengatakan pada hari Minggu.

Zhang mengatakan bahwa indikator termasuk konsumsi listrik, tenaga kerja, investasi aset tetap, pendapatan pemerintah dan pasokan uang semua positif.

“Jika kita dapat mengatasi kesulitan tahun ini, prospek akan lebih cerah tahun depan,” kata Zhang pada upacara pembukaan China Development Forum 2016 di Beijing.

Lihat : Harga Rumah Februari Tiongkok Naik Tertinggi Hampir 2 Tahun

Forum tahunan berfungsi sebagai platform tingkat tinggi untuk para pejabat Tiongkok, pemimpin organisasi internasional dan elit bisnis, baik dari dalam dan luar negeri, untuk membahas dan memperdebatkan isu-isu utama tentang ekonomi Tiongkok dan global.

Wakil perdana menteri mengatakan pemerintah akan mengambil langkah-langkah untuk menopang perekonomian dengan memberikan lebih banyak insentif untuk perusahaan domestik, menekankan bahwa mereka adalah bangunan dasar ekonomi Tiongkok.

Zhang juga mengatakan bahwa Beijing tegas akan mempertahankan batas bawah, mencegah risiko keuangan sistemik.

“Pemerintah akan mempercepat reformasi sistem regulasi keuangan negara untuk mencegah risiko penurunan di pasar saham, mata uang, obligasi dan properti,” katanya.

Swap utang pemerintah daerah juga akan didorong untuk mengatasi risiko regional dan untuk menangani default di pasar keuangan sesuai dengan hukum dan prinsip-prinsip penguatan pasar, kata Zhang.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here