Bursa Seoul 22 Maret Ditutup Naik Terdorong Penguatan Won

308
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Selasa (22/03), indeks Kospi ditutup naik 7,05 poin, atau 0,35 persen, pada 1,996.81. Penguatan indeks Kospi terbantu penguatan Won.

Lihat : Indeks Kospi 22 Maret Sideways Dengan Tarik Menarik Sentimen

Sore ini mata uang Won menguat 0,8 persen untuk penutupan tertinggi sejak November terhadap dolar AS. Mata uang ini memiliki ruang untuk kenaikan lebih lanjut sebagai pengembalian uang tunai untuk aset Korea karena prospek kurang agresif untuk pengetatan moneter AS, menurut Citibank Korea Inc.

Dalam berita lainnya, lembaga pemeringkat kredit AS, Moody mengatakan akan mempertahankan proyeksi pada perusahaan non finansial Korea sebagai stabil untuk tahun ini karena upaya penghematan dan pendapatan yang stabil, tetapi memperingatkan bahwa perlambatan lebih lanjut dalam perekonomian Tiongkokakan berdampak besar pada eksportir Korea, demikian dinyatakan pada hari Selasa (22/03).

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh Moody Investors Service, hampir 70 persen dari perusahaan-perusahaan Korea memiliki rating pandangan yang stabil, yang mengarah ke tren stabil secara keseluruhan. Namun, tindakan negatif akan melebihi jumlah tindakan positif selama 12 bulan ke depan, 23 persen dari mereka memiliki pandangan negatif, jauh melebihi 9 persen dengan pandangan positif.

Lihat : Moody Pertahankan “Stabil” Untuk Perusahaan Non Keuangan Korsel

Pada akhir perdagangan saham, saham-saham kapital besar Korea Selatan yang menguat adalah saham Kia Motors yang naik 3,89%, saham Hyundai Mobis naik 3,38%, saham SK Group naik  3,19%, saham Hyundai Motor naik 2,91%, saham SK Hynix naik 2,2%.

Sementara untuk indeks kospi berjangka terpantau naik 1,55 poin atau 0,63% pada 246.40, naik dari posisi penutupan sebelumnya pada 244.85.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya, indeks Kospi berpotensi melemah terbatas dengan belum adanya data fundamental yang dapat menguatkan bursa Seoul. Namun perlu mencermati perkembangan bursa Wall Street dan harga minyak mentah yang jika terealisir menguat, dapat memberikan penguatan bagi indeks Kospi dan sebaliknya. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 243.50-240.63 dan kisaran Resistance 249.16-252.49.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here