Bursa Wall Street Berakhir Naik Tipis Terdukung Sektor Telekomunikasi Dan Perawatan Kesehatan

383

Bursa Saham AS ditutup naik tipis dalam perdagangan volume rendah pada akhir perdagangan Senin, terdukung kinerja positif sektor telekomunikasi dan perawatan kesehatan.

Sektor Telekomunikasi dan perawatan kesehatan yang memimpin penguatan indeks S & P 500, sementara sektor material dan energi yang tertinggal.

Saham Boeing dan Nike adalah kontributor tertinggi untuk kenaikan pada indeks Dow Jones Industrial Average, sedangkan saham Chevron, Goldman Sachs dan Walt Disney merupakan kontributor terbesar untuk penurunan.

Indeks komposit Nasdaq unggul sedikit dengan kenaikan saham Gilead Sciences dan Microsoft. IShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) ditutup sekitar 2 persen lebih tinggi. Saham Apple naik lebih dari setengah persen sebelum menghapus keuntungan untuk mengakhiri sentuhan yang lebih rendah setelah acara produknya peluncuran iPhone 4 inci.

Saham Valeant Pharmaceuticals ditutup 7,4 persen lebih tinggi, setelah perusahaan mengumumkan bahwa CEO Mike Pearson mengundurkan diri. Saham masih turun lebih dari 70 persen secara tahunan.

Saham Citigroup ditutup 0,14 persen lebih tinggi setelah sebelumnya naik lebih dari 1 persen.

Harga minyak mentah berjangka AS untuk pengiriman April ditutup naik 47 sen, atau 1,19 persen, pada $ 39,91 per barel. Setelah ditutup, kontrak akan berlanjut bulan Mei, yang berakhir 38 sen menjadi $ 41,52 per barel.

Dalam berita ekonomi, penjualan rumah yang ada turun 7,1 persen pada Februari ke tingkat tahunan sebesar 5.080.000 unit, level terendah sejak November, kata Reuters. John Lonski, kepala ekonom di Moody, mengatakan data perumahan terbaru menunjukkan ekonomi AS akan terus tumbuh pada kecepatan yang moderat.

Menyusul data penjualan rumah yang lebih buruk dari perkiraan, Goldman Sachs menurunkan estimasi pelacakan PDB kuartal pertama sebesar sepersepuluh menjadi 2,3 persen, menurut catatan dari Goldman Elad Pashtan.

Menjelang bel pembukaan, indeks aktivitas nasional Chicago Fed mencatat penurunan menjadi minus 0,29 pada Februari dari 0,41 pada bulan Januari.

Senin pagi, Presiden Fed Richmond Jeffrey Lacker mengatakan inflasi AS kemungkinan akan meningkat dalam tahun-tahun mendatang dan bergerak menuju target 2 persen Fed, menurut Reuters.

Presiden Fed Atlanta Dennis Lockhart mengatakan dalam sebuah pidato bahwa kenaikan suku bunga bisa datang pada awal bulan depan. Seorang anggota non-voting komite kebijakan The Fed, Lockhart juga mengatakan ia mengharapkan peningkatan pasar kerja dilanjutkan tahun ini.

Secara terpisah, Presiden Fed San Francisco John Williams mengatakan dalam sebuah wawancara hari Jumat dengan Market News International bahwa April atau Juni berpotensi untuk peningkatan suku bunga.

Hasil Treasury naik, dengan yield 2-tahun di dekat 0,87 persen dan yield 10-tahun sekitar 1,92 persen.

Indeks dolar AS diperdagangkan sedikit lebih tinggi, dengan euro dekat $ 1,125 dan yen di ¥ 111,89 terhadap greenback.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 21,57 poin, atau 0,12 persen, di 17,623.87, dengan kenaikan tertinggi saham Nike, dan saham Chevron penurun terbesar.

Indeks S & P 500 ditutup naik 2,02 poin, atau 0,10 persen, pada 2,051.60, dengan sektor telekomunikasi memimpin enam sektor yang lebih tinggi dan sektor material yang tertinggal terbesar.

Indeks komposit Nasdaq ditutup naik 13,23 poin, atau 0,28 persen, pada 4,808.87.

Lihat : Bursa Wall Street Akhir Pekan Rally, Raih Kenaikan Mingguan Kelima Berturut

Malam nanti akan dirilis data ekonomi Markit Manufacturing PMI Flash Maret dan Housing Price Index Januari yang diindikasikan meningkat dari hasil sebelumnya. Jika hasil ini terealisir akan berpotensi menguatkan pergerakan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif merespon data ekonomi yang positif. Namun juga perlu mencermati pergerakan harga minyak dan bursa global lainnya yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa Wall Street.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here