Dua Pejabat The Fed Dukung Percepatan Kenaikan Suku Bunga AS

427
Dua pejabat Federal Reserve AS mengatakan kenaikan suku bunga dapat dilaksanakan secepatnya pada  pertemuan bank sentral bulan depan, mempertimbangkan hasil yang solid pada ekonomi AS meskipun adanya tekanan dari luar negeri.
 
“Ada momentum yang cukup dibuktikan dengan data ekonomi untuk membenarkan langkah lebih lanjut di salah satu pertemuan yang akan datang, kemungkinan pada awal pertemuan yang dijadwalkan akhir April,” Presiden Federal Reserve Bank of Atlanta, Dennis Lockhart mengatakan hari Senin di Savannah, Georgia.
 
The Federal Open Market Committee (FOMC) selanjutnya bertemu April 26-27. Pada pekan lalu The Fed menurunkan proyeksi kenaikan suku bunga AS menjadi dua kali dari empat kali seperti yang direncanakan pada bulan Desember lalu, mempertimbangkan dampak potensial pertumbuhan global yang melemah terhadap perekonomian AS.
 
Sementara itu Presiden Fed San Francisco, John Williams kepada Market News International dalam sebuah wawancara dipublikasikan sebelumnya pada hari Senin, menyatakan bulan April atau Juni memiliki potensi untuk peningkatan suku bunga.
 
Investor telah mengurangi perkiraan bahwa bank sentral akan menaikkan suku bulan depan untuk 8 persen, dibandingkan dengan 27 persen seminggu yang lalu, dan melihat kemungkinan sekitar 43 persen dari kenaikan pada bulan Juni.
 
“Meskipun saya percaya normalisasi lebih lanjut dari suku bunga kemungkinan akan dibenarkan oleh kinerja ekonomi tahun ini, dan mungkin relatif segera, saya merasa pendekatan masuk akal pada pertemuan ini,” kata Lockhart, mengutip ketidakpastian yang disebabkan oleh gejolak pasar keuangan dan kekhawatiran pertumbuhan Tiongkok.
 
“Saya cukup yakin pada kuartal pertama akan mewakili sesuatu dari kenaikan dari kuartal keempat tahun lalu,” katanya. “Kegiatan Konsumen telah cukup baik sejak kuartal keempat untuk mendukung pandangan bahwa permintaan domestik secara keseluruhan, penggerak utama ekonomi, berkembang pada kecepatan yang cukup sehat.” tambahnya.
 
 
Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here