Kepercayaan Bisnis Jerman Meningkat Setelah 4 Bulan Merosot

688

Kepercayaan bisnis Jerman meningkat untuk pertama kalinya dalam empat bulan sebagai tanda bahwa permintaan domestik membantu perusahaan di ekonomi terbesar Eropa tersebut dari perlambatan pertumbuhan global.

Indeks iklim bisnis Ifo institute berbasis di Munich naik ke 106,7 di bulan Maret dari 105,7 pada bulan sebelumnya. Estimasi median dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom adalah untuk peningkatan ke 106.

germany-business-confidence

Perusahaan Jerman telah meningkatkan ketergantungan mereka pada permintaan domestik saat Tiongkok memimpin perlambatan di negara berkembang yang menekan ekspor. Ukuran optimisme investor Jerman yang akan diterbitkan hari Selasa juga diperkirakan akan menunjukkan kenaikan.

Peningkatan “berkaitan dengan efek penangkapan-up setelah penurunan yang sangat kuat pada bulan Februari” untuk kedua indikator, Johannes Gareis, ekonom Natixis SA di Frankfurt, mengatakan sebelum laporan.

Lihat : Manufaktur Jerman Bulan Maret Melambat 16 Bulan

Kepercayaan bisnis masih menghadapi tekanan dari kelemahan di sektor manufaktur di belakang pertumbuhan global yang lemah dan nilai tukar euro.

Mata uang tunggal telah meningkat 2,5 persen pada basis perdagangan-tertimbang tahun ini. Bundesbank Jerman memperingatkan pada Senin bahwa momentum pertumbuhan nasional bisa melambat pada kuartal kedua setelah awal yang positif awal tahun karena ekspor melemah membuat perusahaan menurunkan produksi dan rekrutmen.

Sebuah dorongan dapat berasal dari stimulus ECB sebagai lembaga yang menyebarkan suku bunga negatif, pembelian obligasi dan potensi subsidi untuk pemberi pinjaman dalam upaya baru untuk meningkatkan perekonomian kawasan euro dan meredam ancaman deflasi.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here