Manufaktur Jerman Bulan Maret Melambat 16 Bulan

393

Manufaktur Jerman tumbuh di laju paling lambat dalam 16 bulan pada bulan Maret, sebagai bukti bahwa ekonomi merasakan tekanan dari pelemahan permintaan global.

Markit Economics menyatakan Purchasing Managers Index melorot ke 50,4 dari 50,5 pada bulan Februari, namun masih di atas level 50 yang memisahkan ekspansi dari kontraksi. Sementara laporan terpisah menunjukkan layanan meningkat bulan ini, sebuah ukuran bisnis baru di kedua sektor menurun ke level terendah dalam delapan bulan.

germany-manufacturing-pmi

“Sepertinya momentum di perekonomian Jerman akan tetap lamban di bulan depan,” kata Oliver Koloseike, ekonom Markit berbasis di London. Hasil PMI adalah “menunjukkan moderat, meskipun pertumbuhan PDB tidak spektakuler, mirip dengan tarif terlihat selama dua kuartal terakhir.”

Lihat : Surplus Dagang Jerman Turun Ke Posisi 2,5 Tahun Terendah

Bundesbank mengatakan pada hari Senin bahwa negara ekonomi terbesar Eropa ini mungkin akan mempertahankan tingkat ekspansi yang mantap kuartal ini, tapi mungkin ada perlambatan dalam tiga bulan ke depan. Ini mencermati lemahnya pesanan pabrik dan penurunan ekspektasi bisnis.

Markit mengatakan layanan pengukur untuk Jerman naik ke 55,5 bulan ini dari 55,3. Sebuah ukuran gabungan dari kedua sektor tidak berubah di 54,1.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here