Pernyataan Gubernur RBA Mampukan Aussie Kalahkan Dollar AS

728
PRIME MINISTERS ECONOMIC FORUM

Ditengah penguatan dollar AS terhadap beberapa rival-rival utamanya seperti euro, pound dan swissfranc  pada perdagangan pasar forex sesi Eropa hari Selasa (22/03) pasca ledakan teror di bandara Brussel, kurs aussie yang sempat melemah diawal perdagangan sesi Asia berhasil menguat kembali meski harga minyak mentah masih dalam pelemahan.

Aussie berhasil rebound kuat setelah 2 hari perdagangan berturut anjlok parah, kekuatan sore ini diperoleh setelah pidato gubernur RBA Glenn Stevens dalam konferensi regulator sistem keuangan negeri tersebut yang menyatakan kondisi ekonomi Australia semakin kuat.

Melihat kondisi rivalnya yaitu dollar AS, indeks dollar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap rival utamanya alami rally setelah terjadi ledakan di bandara internasional Brussel siang ini dan sesi Amerika diperkirakan bertambah kuat oleh data flash manufacturing negeri tersebut bulan Maret.

Pergerakan kurs aussie di sesi Eropa (09:30:35 GMT) bergerak kuat terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lemah pada   0.7579 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  aussie naik 14 pips  atau 0,1%  dan nilai bergulir  berada pada 0.7593.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair AUDUSD akan terus naik ke posisi resisten 0.7614-0.7649 namun jika tidak berhasil tembus maka pair dapat  kembali turun ke kisaran  0.7556-0.7533.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here