Poundsterling Sesi Eropa Ketakutan Pasca Ledakan Teror Brussel

379

Pergerakan kurs pound  yang  dibuka kuat sejak perdagangan sesi Asia akhirnya terkoreksi cukup signifikan terhadap dollar pada perdagangan sesi Eropa setelah peristiwa ledakan kuat di bandara internasional Brussel-Belgia beberapa jam lalu. Pasca ledakan tersebut tidak hanya poundsterling, euro juga ikut anjlok parah.

Lihat:Ledakan Teror di Bandara Brussel Membuat Euro Terbakar Kembali

Dalam peristiwa ledakan yang diduga aksi teror tersebut telah melukai dan menewaskan banyak penumpang di bandara paling sibuk dunia tersebut. Ledakan tersebut membuat pelaku pasar keuangan kawasan Eropa letakutan dan amankan asetnya ke aset safe haven seperti emas.

Tidak hanya pasar valas yang alami pukulan keras, demikian juga dengan bursa saham kawasan Eropa yang dibuka anjlok parah dan semua indeks bursa tersebut masuk dalam zona merah.

Dari sisi pergerakan dollar AS, indeks dollar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap rival utamanya masih menunjukkan pergerakan positif meski yen berhasil menghajarnya dengan sangat signifikan. Pada sesi Amerika diperkirakan bertambah kuat oleh data flash manufacturing negeri tersebut bulan Maret.

Pergerakan kurs poundsterling  di sesi Eropa (10:00:35 GMT) melemah terhadap dollar AS,  setelah  dibuka kuat    pada   1.4368 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  pound turun 92 pips  atau 0,9%  dan nilai bergulir  berada pada 1.4276.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair GBPUSD dapat turun    ke posisi support  1.4251-1.4190 namun jika koreksi naik maka pair dapat  kembali ke kisaran  1.4435.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here