Harga Karet Tocom Tertekan Penguatan Yen Dan Pelemahan Minyak Mentah

283

Harga karet alami berjangka Tocom pada perdagangan Rabu siang (23/03) bergerak negatif. Pelemahan harga karet Tocom terpicu penguatan Yen dan penurunan harga minyak mentah sesi Asia.

Mata uang Yen Jepang terpantau mengalami penguatan. Saat ini pasangan kurs USDJPY melemah 0,06% pada 112.30. Penguatan yen terdorong meningkatnya permintaan safe haven terpicu kekuatiran keamanan global paca serangan teroris di Brussels, ibu kota Belgia.

Kenaikan nilai tukar yen Jepang membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang ini menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan akan komoditas ini mengalami penurunan.

Lihat : Harga Karet Tocom 22 Maret Terangkat Pelemahan Yen

Harga minyak mentah jatuh pada awal perdagangan Asia, Rabu, setelah data dari sebuah kelompok industri menunjukkan persediaan minyak mentah AS telah meningkat lebih dari yang diperkirakan.

Harga minyak mentah berjangka AS untuk kontrak bulan depan turun 36 sen ke $ 41,09 per barel pada 0047 GMT.Minyak mentah WTI mencapai tertinggi 2016 di $ 41,90 pada sesi sebelumnya sebelum ditutup pada $ 41,45.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun 25 sen pada $ 41,54, membalikkan keuntungan di sesi sebelumnya ketika selesai pada $ 41,79.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Turun Terpicu Peningkatan Produksi AS

Pelemahan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih murah. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami penurunan.

Pada perdagangan hari ini, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan Agustus 2016 terpantau ditutup melemah sebesar -1,0 yen menjadi 179,4 yen per kilogram, turun dari penutupan sebelumnya pada 180,4 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi alami tekanan dipengaruhi oleh potensi penguatan yen Jepang dengan menguatnya permintaan aset safe haven merespon kekuatiran keamanan global pasca serangan teroris di Brussels.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan mengetes level Support di 174,00 yen dan 169,00 yen. Harga akan menemui Resistance pada level 184,00 dan 189,00 yen jika harga berbalik ke teritori positif.

 
Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here