Pergerakan Emas Kemarin

466

Serangan terror yang terkoordinasi di Brussels, Belgia telah membantu mendorong harga emas naik lebih tinggi di sesi awal perdagangan AS hari Selasa kemarin, karena permintaan safe-haven yang baru.
Emas Comex bulan April terakhir naik $9.40 di $1,253.50 per ons.
Perak Comex bulan Mei terakhir naik $0.093 di $15.95 per ons.
Keengganan terhadap resiko kembali lagi di pasar pada hari Selasa kemarin, setelah serangan teroris di Brussels. Paling tidak 13 orang terbunuh dan puluhan terluka di dalam paling tidak dua serangan terpisah di airport Brussels. Serangan lain terjadi di stasiun kereta api metro. Semua angkutan public di Brussels segera ditutup.
Pasar saham mengalami tekanan jual pada saat terjadi serangan, tetapi tekanan jual ini tidak berat dan pasar saham telah naik kembali dari level yang terendah setelah serangan. Assets safe-haven lainnya juga mendapatkan keuntungan dari keengganan terhadap resiko ini, dengan indeks dolar AS diperdagangkan naik lebih tinggi pada hari Selasa kemarin.
Fokus dari pasar dunia akan berlanjut pada event-event di Brussels, dan juga tehadap implikasi yang akan datang dari terror kelas dunia dan pengaruhnya terhadap politik dan ekonomi.
Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here