Bisnis Jualan Bir MLBI Kurang Menguntungkan, Saham Konsolidasi

643

Salah satu emiten pembuat minuman bir di tanah air  PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) yang akan meluncurkan produk minuman non alkohol tahun ini sebagai respon larangan pemerintah untuk perdagangan minuman alkohol, melaporkan kinerja keuangannya sepanjang tahun 2015 yang alami penurunan laba dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Buruknya kinerja keuangan tahun lalu, MLBI mempersalahkan kebijakan pemerintah tersebut sehingga penjualannya merosot sepanjang tahun 2015. Laba yang diterima MLBI untuk penjualan yang merosot pada tahun 2015 hanya Rp496 miliar atau Rp236 per saham sedangkan tahun sebelumnya mencapai Rp794,7 miliar atau Rp377 per saham.

Sepanjang tahun 2015 penjualan perseroan hanya sebesar Rp2,6 triliun sedangkan tahun sebelumnya sebesar Rp2,9 triliun. Aset perseroan juga menurun dari Rp2,2 triliun tahun 2014 menjadi Rp2,2 triliun pada tahun lalu.

Menilik kabar dari lantai bursa perdagangan saham pada Kamis  (24/03) saham MLBI dibuka pada level 7700 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 7900. Hari ini  bergerak flat dengan volume perdagangan saham MLBI baru mencapai 11 lot saham saja.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham MLBI perdagangan sebelumnya bergerak dengan  indikator MA masih  bergerak datar  dan indikator Stochastic berusaha masuk area jenuh beli.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar  didukung oleh +DI yang turun menunjukan pergerakan MLBI dalam konsolidasi. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading hari ini pada target level support di level 7700 hingga target resistance di level 7900.

 

 

Lens HU/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here